Latih Kesiapan Anak Menulis dengan Aktivitas Fisik

By Dini Felicitas, Senin, 30 Januari 2017 | 05:00 WIB
Aktivitas Fisik yang Melatih Kesiapan Anak Menulis (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mengajar baca-tulis pada anak memang merupakan tantangan tersendiri. Apalagi, di tingkat sekolah dasar, anak dituntut agar sudah mampu membaca dan menulis. Karena itu, Mama pasti sudah mulai mengenalkan buku-buku bacaan maupun alat tulis untuk anak.

Namun ternyata, ada berbagai cara untuk mengetahui apakah anak sudah siap belajar menulis. Dan, cara ini bukan hanya dengan memberinya kertas dan alat tulis. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa melatih kesiapan anak menulis kelak.

Lupakan dulu latihan dengan pensil, tetapi ajaklah anak ke taman bermain! Biarkan ia bermain sepuasnya di seluncuran,  jungkat-jungkit, ayunan, panjatan, juga bak pasir dan kolam. Lo, kok? Ini penjelasannya, Mam.

Memanjat, bergelantungan, berayun, dan kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga seperti ini akan memperkuat bagian atas tubuh dan otot anak. Berputar, bergelantungan, dan berayun membantu anak mengembangkan kelincahan gerakan memutar bahu, siku, pergelangan tangan, dan jari-jari.

Mendorong, menarik, dan mengangkat sendiri tubuhnya (seperti gerakan memanjat atau bergelantungan yang bertumpu pada kekuatan tangan), membantu anak memahami fisika sederhana, seperti berat badan, tekanan, dan ketahanan.

Bermain pasir, air, lilin mainan, atau tanah bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak, yang nantinya sangat berperan dalam membentuk keluwesan anak menulis. Sungguh di luar dugaan bukan, cara melatih kesiapan anak menulis?

(Anindita)