Jadi Salah Satu Komorbid, Diabetes Dapat Dikelola dengan Pola Hidup Ini

By Yussy Maulia, Minggu, 13 Desember 2020 | 16:59 WIB
Ilustrasi diabetes. (Pixabay/stanias)

Nakita.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka prevalensi diabetes di Indonesia berada di angka 10,9 persen dan diprediksi akan terus meningkat.

Namun, tahukah Moms bahwa diabetes juga merupakan penyakit penyerta (komorbid) yang sering ditemukan pada penderita Covid-19?

Melansir dari laman Satuan Tugas Penanganan Covid-19, diabetes menjadi penyakit komorbid kedua terbanyak setelah hipertensi pada pasien Covid-19.

Diketahui, pasien Covid-19 yang memiliki riwayat penyakit diabetes kemungkinan besar akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami dampak fatal.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu, Coba Cara Menurunkan Risiko Terjangkit Covid-19 dengan Lakukan Diet Berikut Ini

Mengutip dari GridHealth (3/11/2020), Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) Prof. Dr. dr. Ketut Suastika SpPD-KEMD menjelaskan ada 4 manajemen nutrisi untuk penderita diabetes, terutama di masa pandemi. Yuk Moms, simak penjelasannya berikut ini.

1. Atur jumlah kalori

Secara garis besar, kalori merupakan takaran energi dalam makanan.

Setiap harinya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi jumlah kalori sebanyak 25 - 30 per kilogram berat badan ideal.

Baca Juga: 2 Minggu Saja Coba Langkah-langkah Sederhana Ini untuk Menurunkan Berat Badan, Lihat Sendiri Hasilnya pada Tubuh

Mudahnya, jika seseorang memiliki berat badan ideal 50 kilogram (kg), maka orang tersebut memerlukan 1.250-1.500 kalori dalam sehari.