Jangan Asal Beli Suplemen. Cuma 5 Suplemen Ini Yang Dibutuhkan Moms Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 13 Februari 2018 | 10:06 WIB
Untuk ibu hamil konsumsilah suplemen hanya dari yang diresepkan dokter. ()

Nakita.id.- Pada umumnya, suplemen yang sejatinya vitamin yang dibutuhkan ibu hamil dijual bebas dan mudah dibeli di berbagai toko dan apotek.

Namun, Ashlesha Dayal, MD, profesor bidang obstetri dan ginekologi serta kesehatan perempuan di Montefiore Medical Center di Bronx, New York, menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi vitamin sesuai resep dari dokter. Mengapa?

BACA JUGA: Pantau Gerakan Janin, Ini yang Perlu Dilakukan Bila Terasa Kurang Aktif

Ini alasannya, Moms;

-  Vitamin  dan suplemen yang dijual bebas tidak semuanya dikhususkan untuk ibu hamil sehingga takarannya bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan harian si ibu yang sedang hamil.

-  Terkadang, satu jenis vitamin digabungkan dengan vitamin jenis lain (multivitamin) yang bisa jadi tidak terlalu dibutuhkan oleh mamil.

-  Sebagian vitamin memiliki kandungan herbal yang belum tentu aman bagi janin.

Lebih baik Moms patuh pada vitamin yang sudah diresepkan dokter.

Alasannya, vitamin yang diresepkan oleh dokter obgin biasanya sudah memiliki takaran yang pas untuk dikonsumsi harian oleh Moms hamil.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot lagi menghitung-hitung dosis aman konsumsi suplemen sebagaimana jika membelinya sendiri di toko atau apotek.

Ada baiknya Moms tahu, suplemen atau vitamin yang dibutuhkan ibu hamil sesungguhnya hanya dikonsumsi di masa prakonsepsi serta di trimester pertama.

Itu pun jumlahnya hanya ada 5. Berikut uraiannya seperti yang disampaikan oleh dr. Rino Andriya, SpOG, CHT, MNLP, RS Universitas Airlangga Surabaya dan Praktisi Hipnoterapi Associate Trainer INSIGHT Institute Indonesia.