Bisa Dicoba, Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Keseimbangan Kehidupan Kerja Menurut Ahli Kesehatan Mental

By Lolita Sianipar, Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:00 WIB
illustrasi meningkatkan keseimbangan kerja (pixabay)

 

Nakita.id - Kehidupan yang seimbang antara urusan pekerjaan dan urusan keluarga adalah dambaan setiap Moms maupun Dads, apalagi saat pandemi seperti ini.

Banyak Moms dan Dads saat pandemi bekerja dari rumah yang akhirnya tidak bisa membagi urusan keluarga dengan pekerjaan.

Dengan demikian, keseimbangan kehidupan kerja yang sehat bermuara pada komitmen kerja dan sisa hidup yang ada dalam harmoni.

"Ketika keseimbangan kehidupan kerja kita tidak selaras, kita lebih rentan terhadap masalah seperti insomnia, depresi, dan kecemasan," kata Lori Ryland, PhD, Chief Clinical Officer di Pinnacle Treatment Centers.

Menurut Lori Ryland, kelelahan kerja, yang menyebabkan tingkat stres yang tinggi, kelelahan, masalah tidur, penyalahgunaan zat, dan risiko kondisi kesehatan fisik yang lebih tinggi.

Banyak Moms dan Dads menemukan keseimbangan kehidupan kerja lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. 

Baca Juga: Selama Ini Sibuk Kerja, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Akhirnya Ajak Rafathar #FamilyQuality, Begini Tips Liburan Bersama Anak di Tengah Pandemi

Untuk itu Melansir dari Insider, berikut ada empat cara yang bisa membantu Moms dan Dads kembali meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

1. Buat tujuan SMART

Meluangkan waktu setiap hari untuk menentukan apa yang ingin dicapai dan bagaimana akan mencapainya dapat membuat lebih diatur.

Jika merasa kewalahan dengan semua yang harus dilakukan, pertimbangkan untuk menggunakan kerangka tujuan "SMART", yang melibatkan menuliskan tujuan: 

- Specific (spesifik)

- Measurable (terukur)

- Attainable (dapat dicapai)

- Realistic (realistis)

- and set within a specific Timeframe (dan dijadwalkan dalam jangka waktu tertentu). 

2. Mengatur waktu secara efisien

Jika Moms dan Dads sering terbangun dengan perasaan bahwa tidak ada cukup waktu dalam sehari, mungkin mendapat manfaat jika membuat jadwal.

"Manajemen waktu baik selama hari kerja maupun di luar pekerjaan membantu Anda menciptakan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang penting bagi Anda dan menyelaraskan dengan nilai-nilai Anda," kata Lori.

Cara membagi hari menjadi beberapa bagian dan menjadwalkannya adalah membuat note di kalender atau aplikasi dapat membantu menemukan waktu untuk bersantai jauh dari pekerjaan.

Baca Juga: Kuliah Sambil Mengurus Buah Hati? Begini Cara Bagi Waktu Agar Seimbang

3. Melatih mindfulness

Mindfulness adalah teknik di mana lebih memfokuskan kesadaran Moms dan Dads pada saat ini.

Tujuannya adalah untuk fokus memperhatikan, menggambarkan, menerima pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan dorongan.

Salah satu studi berjudul "Mindfulness meditation: A research-proven way to reduce stress," menunjukkan bahwa perhatian meditasi sangat efektif untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Bahkan bisa meningkatkan fokus di tempat kerja dan mengurangi kelelahan kerja.

Ada banyak cara untuk melatih kesadaran bisa memulainya dengan:

- Berfokus pada napas sambil memperhatikan semua otot dan bagian tubuh yang terlibat dalam pernapasan.

- Menyetel seluruh panca indera untuk memperhatikan lingkungan fisik.

- Mendengarkan musik dan memperhatikan sensasi mendengarkan.

4. Tetapkan batasan

Jika jadwal kerja terasa tidak dapat diatur, menetapkan batasan yang wajar dengan atasan dapat membantu.

Moms dan Dads bisa memberitahu dengan atasan bahwa tidak memiliki waktu-waktu tertentu dalam sehari.

"Jangan menunggu sampai Anda sangat lelah dengan pekerjaan Anda sehingga Anda berhenti karena frustrasi. Seringkali, atasan Anda mungkin tidak menyadari beban kerja Anda dan bersedia menyesuaikannya jika Anda memintanya," kata Lori.

Nah Moms dan Dads itu dia empat cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

Baca Juga: Asuh Anak-anak dari Pernikahan Sebelumnya, Ini Cara Anji Membagi Waktu