Langsing dan Bebas Stres dengan Ecstatic Chakra Dance

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 15 Februari 2018 | 20:21 WIB
Ecstatic chakra dance adalah modifikasi dari ecstatic dance, suatu bentuk menari gaya bebas yang menghasilkan keadaan meditatif. ()

Nakita.id. Moms yang hobi nge-dance pasti tahu nikmatnya menggoyangkan seluruh anggota tubuh sesuai alunan musik untuk sejenak melupakan rutinitas.

Tapi pernahkah Moms mendengar tentang Chakra Dance? 

Ecstatic chakra dance adalah modifikasi dari ecstatic dance, suatu bentuk menari gaya bebas yang menghasilkan keadaan meditatif.

Metode tarian ini diciptakan oleh  Gabrielle Roth. Jika Moms melihat di kanal youtube, berbagai gerakan tampak bebas.

Ya, Moms, memang sejatinya begitu karena tidak ada aturan baku dalam tarian ini. Yang penting kita konsentrasi menggerakkan seluruh tubuh kita.

BACA JUGA: Tak Hanya Bams, Judika Juga Punya Kembaran Driver Ojek Online

Estatic chakra dance menekankan gerakan tari bebas berfokus pada titik-titik chakra agar tidak terjadi hambatan aliran energi dalam tubuh.

Dance facilitator berperan penting dalam menyiapkan musik untuk menari selain memberi sedikit pengarahan.

Segala jenis musik dapat digunakan (mulai dari musik rock, reggae hingga musik klasik maupun new age).

Tetapi umumnya kebanyakan lebih banyak menekankan penggunaan perkusi dan beat (irama) yang semakin lama semakin cepat dan berintensitas tinggi dan menghanyutkan kemudian diakhiri dengan irama yang lebih tenang.

Menurut penelitian terbatas yang dilakukan Roth, beragam jenis musik yang digunakan dapat membangkitkan mood dan memberi efek katarsis untuk pelepasan emosi.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Menyemprotkan Parfum Untuk Bikin Rambut Jadi Harum