Masih Sering Buat Orang Se-Indonesia Takut dan Belum Berani Vaksin, Ternyata Ini Efikasi dan Efek Samping 9 Vaksin Covid-19 yang Dipakai di Indonesia

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Minggu, 19 September 2021 | 07:00 WIB
Efikasi, efek samping atau KIPI 9 vaksin Covid-19 yang dipakai di Indonesia (Pixabay)

Nakita.id - Sejak pemerintan mewajibkan masyarakat indonesia melakukan vaksinasi Covid-19, kini pencapaian vaksin Covid-19 masyarakat Indonesia semakin baik.

Hingga Sabtu (18/9/2021), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatatkan sudah lebih dari 78 juta vaksin dosis I disuntikkan dan lebih dari 40 juta dosis II diterima masyarakat Indonesia.

Jumlah tersebut menyentuh kurang lebih 30 persen dari sasaran vaksinasi yakni 208 juta lebih masyarakat Indonesia.

Sayangnya, masih banyak yang takut dan khawatir untuk melakukan vaksin Covid-19 karena beragam hoax yang tersebar.

Baca Juga: Buat Satu Indonesia Tertipu karena Hoaks yang Meluas Tentang Vaksin, Ahli di Dunia Ungkap Kekuatan Tak Terduga Pasien Covid-19 yang Sudah Vaksin Covid-19

Agar tak khawatir lagi, ketahui yuk apa sebenarnya efikasi atau efek samping atau Kejadian ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dari 9 jenis vaksin Covid-19 yang dipakai di Indonesia.

1. Vaksin CoronaVac (Sinovac)

Vaksin yang pertama kali diedarkan dan mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM ini sudah melalui uji klinik bersifat ringan.

Dari hasil uji lab, dibuktikan bahwa vaksin ini mampu mencegah sampai 90 persen virus corona ke dalam tubuh.

KIPI atau efek samping yang dirasakan masyarakat yang menerima vaksin Sinovac biasanya hanya berupa nyeri ringan, iritasi sedang atau pembengkakakn sistemik, nyeri otot, demam, dan gangguan sakit kepala.