Kenang Jasa dan Dedikasi Perintis KG, Kompas Gramedia Resmikan Patung P.K. Ojong dan Jakob Oetama

By Ratnaningtyas Winahyu, Senin, 27 September 2021 | 19:50 WIB
(Ki-Ka): Peresmian Patung Perintis oleh Irwan Oetama (Putra Jakob Oetama), Sri Mariani Ojong (Putri P.K. Ojong), dan CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama. (Dok. Corcomm KG (KGIC)/Andrian Kalingga)

Nakita.id – Sudah 56 tahun Kompas Gramedia (KG) berdiri.

Keberadaan KG hari ini sebagai perusahaan media terbesar di Indonesia pun tidak lepas dari  perjuangan dan dedikasi perintis KG, yakni P.K. Ojong dan Jakob Oetama.

Untuk itu, bertepatan dengan hari kelahiran Jakob Oetama, patung perintis KG resmi diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta.

Peresmian patung Perintis KG ini merupakan bentuk penghormatan dan wujud terima kasih atas jasa perintis Kompas Gramedia (KG) yang telah mencerahkan masyarakat melalui produk jurnalistik berkualitas.

Baca Juga: Bangga dengan Keberhasilan di Olimpiade Tokyo 2020, Grid Network Mengapresiasi Seluruh Kontingen Indonesia dengan Memberi Hadiah Spesial

Warisan nilai Perintis KG ini pun diabadikan dalam bentuk plakat yang dipasang di monumen patung Perintis KG.

Dalam plakat tersebut, bertuliskan kutipan kedua perintis,

Kalau begitu, bagaimana mesti berbuat baik, bukan saja baik di mata Tuhan, tetapi juga bagi masyarakat, yaitu untuk memperbaiki masyarakat, untuk mengangkat derajat masyarakat.” – P.K. Ojong.

Dan, “Cita-cita besar dan semangat keberagaman dalam kebinekaan kami bawa dalam lingkup yang kecil: Kompas Gramedia. Indonesia kecil atau Indonesia mini menjadi ideologi yang terus dikembangkan.” – Jakob Oetama.