Sebelum Tinggalkan Lokasi Vaksinasi, Inilah 4 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Mendapat Suntikan Vaksin Booster, Apa Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 14 Januari 2022 | 12:13 WIB
4 hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan lokasi vaksinasi booster (Freepik.com)

Nakita.id - Hingga hari ini vaksin booster terus dibagikan oleh pemerintah.

Sejak 12 Januari 2022, izin edar vaksin booster sudah disetujui dan sudah disuntikan pada lansia atau yang rentan terpapar virus corona.

Vaksin booster diharapkan bisa meningkatkan antibodi untuk melawan virus corona varian apapun.

Salah satunya varian yang baru menyebar di Indonesia, yaitu Omicron.

Untuk orang-orang yang sudah mendapat tiket untuk melakukan vaksin booster diharap segera menggunakannya, ya.

Lalu setelah mendapat suntikan vaksin booster, Moms dan Dads harus melakukan 4 hal berikut ini agar tidak mengalami efek samping berat setelahnya mengutip dari GridHEALTH.

Evaluasi 15-30 Menit Pasca Suntikan Booster

Mungkin saat suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 tanpa efek sakit langsung, tapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) masih menyarankan menunggu di tempat vaksinasi setidaknya selama 15 menit setelah mendapatkan booster.

Jika memiliki reaksi alergi langsung terhadap vaksin, tenaga medis di tempat vaksinasi dapat mengobatinya dan meminta perawatan darurat jika perlu.

Baca Juga: Berhak Mendapatkan Vaksin Booster Gratis Tapi Jadwal dan Tiket Vaksinasi Belum Keluar di PeduliLindungi, Ini Penyebabnya

Jika memiliki riwayat reaksi alergi parah atau reaksi alergi langsung terhadap vaksin harus menunggu 30 menit setelah mendapatkan suntikan.

Menunggu Efektivitas Puncak Vaksin