Pada Masa Pandemi Telemedicine Menjadi Pilihan yang Tepat Untuk Konsultasi Kesehatan, Tanpa Perlu ke Rumah Sakit

By Debora Julianti, Rabu, 23 Februari 2022 | 20:02 WIB
Konsultasi kesehatan secara online saat ini menjadi pilihan yang tepat (Freepik)

Nakita.id – Moms pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun lebih, membuat kita mulai terbiasa dengan segala sesuatu pelayanan melalui digital.

Pada saat memasuki awal pandemi, pemerintah mulai melakukan beberapa kebijakan agar masyarakat di rumah saja.

Selama dua tahun terakhir ini kita mulai terbiasa dengan adanya sekolah daring, Work From Home (WFH), kegiatan seminar, memesan makanan bahkan sampai berbelanja kebutuhan sehari-hari semua melalui online.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan penyebaran virus yang semakin meningkat.

Bahkan selain itu, kita juga mulai terbiasa melakukan konsultasi atau berobat melalui aplikasi kesehatan.

Ini juga dilakukan karena beberapa diantara kita juga mulai takut untuk ke rumah sakit.

Karena rumah sakit merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk virus dapat menyebar lebih cepat.

Namun sayangnya walau sudah berkembang pesat dalam dunia healthtech, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui mengenai hal ini.

Maka dari itu Prixa sebagai platform digital kesehatan untuk berkolaborasi secara strategis untuk menciptakan ekosistem yang terhubung bersama AdMedika.

Baca Juga: Menjamur di Tengah Pandemi Covid-19, Seberapa Efektif Layanan Telekonsultasi Kesehatan? Begini Kata Ahli

Anak usaha dari Telkom Indonesia yaitu PT Administrasi Medika (AdMedika) membangun kerjasama dengan perusahaan teknologi kesehatan Prixa untuk memperkuat layanan digitalisasi di sektor kesehatan.

Dwi Sulistiani selaku CEO AdMedika, menjelaskan kerjasama ini merupakan kolaborasi strategis untuk membangun sebuah ekosistem kesehatan yang lebih kuat ditengah pandemi Covid-19.

Kolaborasi ini baru saja diresmikan Rabu (23/02/2022), dengan tujuan masyarakat akan lebih mudah untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang berpengalaman.

Virtual Press Conference Prixa Ada Bersama AdMedika

Dwi juga mengatakan jika kolaborasi ini dilakukan agar masyarakat bisa konsultasi kapan saja tanpa harus datang ke tempat kesehatan.

“Sebagai perusahaan Total Health Solution melalui strategic partnership dengan Prixa, AdMedika dapat memberikan solusi bersama Prixa bagi para klien yang ingin memanfaatkan secara white label layanan digital utamanya dalam hal memberikan solusi platform telemedisin yang mempunyai keunggulan fitur yang ready to use sehingga peserta dapat menikmati layanan telemedisin secara cashless” ujar Dwi.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menyederhanakan proses bisnis antara masyarakat dan Prixa.

Masyarakat bisa dengan mudah menikmati fitur canggih berupa symptom checker, telekonsultasi dan pesan-antar farmasi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam satu platform.

“Prixa hadir untuk memudahkan konsumen mengakses layanan kesehatan dasar dengan bantuan teknologi AI (Artificial Intelligence)”kata James Roring selaku CEO & Co Founder Prixa.

Baca Juga: Makin Mudah Dapatkan Layanan Kesehatan di Luar Negeri dengan Cara Ini Moms

Artificial Intelligence merupakan suatu program komputer yang dapat mengerjakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia.

Hal ini bisa meminimalisir untuk terjadinya suatu kesalahan pada pekerjaan yang dilakukan.

James juga mengatakan jika layanan yang dilakukan oleh kolaborasi antara AdMedika dan Prixa, bisa membuat masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang diberikan.

“Melalui ekosistem yang dimiliki Prixa, konsumen bisa memanfaatkan fitur telekonsultasi, pesan-antar farmasi, tes lab sesuai permintaan, rujukan ke fasilitas perawatan tersier, dan mengakses konten terkait kesehatan,” tambah James.

Melalui kerjasama tersebut, Prixa siap memberikan layanan kesehatan dengan mengadopsi teknologi digital yang lebih baik.

Sebab seperti diketahui, saat ini sektor kesehatan sedang mengalami disrupsi perpindahan trend berkonsultasi dengan pakar kesehatan yang sebelumnya dilakukan secara offline ke sistem online.

Dengan kolaborasi strategis ini, Prixa berharap bisa menjadi salah satu jawaban dari perjalanan kesehatan sekaligus meningkatkan pertumbuhan digitalisasi Indonesia.

Prixa juga berkomitmen untuk menjadi ekosistem perawatan digital yang komprehensif dengan penyediaan pelayanan kesehatan primer online.

Layanan yang disediakan oleh Prixa seperti telekonsultasi, penjadwalan online, pesan-antar farmasi, tes lab sesuai permintaan, dan konten terkait kesehatan.

Baca Juga: Zaman Semakin Canggih, Layanan Kesehatan Bisa Mudah Diakses Didapatkan