Memasuki 10 Tahun Lazada, Inilah Berbagai Inisiatif Baru yang Sudah Dilakukan untuk Memuaskan Para Konsumen Setianya

By Shannon Leonette, Jumat, 11 Maret 2022 | 08:28 WIB
Sebentar lagi, Lazada akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 tahun. (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Nakita.id - Sebentar lagi, Lazada akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 tahun.

Memasuki tahun kesepuluh Lazada di Indonesia, kategori fast moving consumer goods (FMCG) menjadi salah satu kategori yang bekembang secara signifikan.

Sehingga, Lazada berusaha mewujudkan strategi ini sebagai pemenuhan kebutuhan konsumen Indonesia akan produk sehari-hari.

Hal ini telah ditunjukkan dalam berbagai inisiatif yang telah dilakukan Lazada untuk kategori FMCG dalam 4 tahun terakhir, dimana Lazada mendukung UMKM dan ikut serta menggerakan ekonomi digital di Indonesia.

Hasilnya, Lazada berhasil mencatat pertumbuhan hingga 6 kali lipat dari sisi penjualan.

Bahkan, mengalami peningkatan 8 kali lipat konsumen yang berbelanja, serta peningkatan 10 kali lipat selling seller di kategori FMCG.

“Kami paham kebutuhan konsumen untuk mendapatkan produk-produk kebutuhan harian yang berkualitas dengan harga terbaik dengan mudah,” ucap Lia Kurtz selaku Vice President FMCG Lazada Indonesia, dalam acara "10 tahun LazADA Bersama: Wawancara Eksklusif - Pertumbuhan dan Perkembangan Kategori FMCG di Lazada" yang diadakan Kamis lalu (10/3/2022).

“Secara konsisten, Lazada terus melakukan berbagai inisiatif dan berevolusi. Salah satunya dengan menyajikan kanal terkurasi untuk produk-produk kebutuhan harian,” katanya melanjutkan.

Lia juga menyampaikan, Lazada juga memanfaatkan kecerdasan buatan dan sistem algoritma yang sistematis untuk membaca perilaku konsumen, sehingga bisa selalu menghadirkan yang relevan sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Luncurkan Online Flagship Store Pertama di Lazada, Shu Uemura Hadirkan Berbagai Penawaran dan Acara Menarik, Jangan Sampai Terlewatkan!

Sebagai informasi, rangkaian produk dalam kategori FMCG di Lazada sendiri sangat luas dan difokuskan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari yang berbeda.

Diantaranya ada keperluan dapur, kebutuhan ibu dan anak, kebutuhan perawatan diri, kecantikan dan kesehatan, permainan, perlengkapan rumah tangga dan hewan peliharaan, hingga musik dan buku.

Selain itu, Lazada juga memunculkan beberapa inisiatif lain yang berangkat dari pemahaman Lazada akan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa inisiatif yang dilakukan Lazada.

1. Beauty World

“Beauty World” adalah salah satu kanal khusus kecantikan yang diwujudkan oleh Lazada.

Kanal “Beauty World” ini menyediakan produk kecantikan yang telah terkurasi dari brand lokal maupun internasional.

Selain itu, produk-produk juga dikelompokkan berdasarkan kategori dan harganya.

Hal ini akan memudahkan konsumen dalam mencari produk kesayangan mereka, juga untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan makeup.

Baca Juga: Mulai dari Konsultasi Gratis dengan Skincare Expert hingga Kemasan Eco Friendly, Ini Hal Menarik Lainnya dari Grand Launching Online Flagship Store Kiehl’s di Lazada

2. LazMall dan LazMall Prestige

Berdasarkan data Kantar tahun 2021, konsumen kelas atas dan menengah mendominasi pasar FMCG di ranah daring, terutama untuk segmen personal care (perawatan diri) salah satunya.

Untuk mewujudkannya, Lazada juga menghadirkan “LazMall” dan “LazMall Prestige”, kanal khusus untuk produk terkurasi dari berbagai brand dengan jaminan 100% keaslian produk dari berbagai kategori.

Khusus untuk FMCG, kanal “LazMall Prestige” hadir untuk mendapatkan brand premium favorit para konsumen dengan lebih mudah dan nyaman.

Tampilan halaman LazMall.

3. Toko Kategori (Category Store)

“Category Store” adalah salah satu inisiatif Lazada untuk menghadirkan one stop shopping solution bagi konsumen, agar lebih praktis saat berbelanja kategori-kategori yang merupakan kebutuhan sehari-hari.

Dikelola langsung oleh Lazada, saat ini sudah terdapat dua "Category Store", yakni “Lazada Daily Store” dan “Lazada Baby and Kids Flagship Store”.

“Lazada Daily Store” adalah toko kategori yang menyediakan perlengkapan rumah tangga sehari-hari, sementara “Lazada Baby and Kids Flagship Store” adalah toko kategori yang menyediakan seluruh kebutuhan ibu dan anak dari usia 0-12 tahun.

Baca Juga: Kehabisan Ide Kegiatan yang Seru untuk Si Kecil Selama Pandemi? Webinar Nakita.id x Lazada: LazMall ReSHOPlution Bakal Beri Solusinya

Dalam mengoperasikan kedua toko ini, Lazada bekerja sama dengan puluhan brand favorit dari masing-masing kategori tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menyediakan produk-produk yang sering dicari oleh konsumen.

Selain itu, dengan berbelanja di kedua toko ini, konsumen dapat memperoleh berbagai kebutuhan dari brand favorit dengan biaya ongkos kirim yang ringan.

Itulah beberapa inisiatif yang dihadirkan oleh Lazada untuk memudahkan pelanggan setianya.

Lia Kurtz, Vice President FMCG Lazada

Juga, memaksimalkan kenyamanan pengguna dalam melakukan pembelian rutin akan kebutuhan produk sehari-hari.

Sebagai penutup, Lia berharap di tahun yang kesepuluh ini, Lazada bisa menjadi pahlawan ekonomi digital yang bertumbuh di Indonesia.

Juga, bersama-sama mempercepat pemulihan perekonomian nasional, serta membangun Indonesia.

“Melalui serangkaian inovasi dan inisiatif yang kami hadirkan, kami berharap Lazada bisa terus menjadi teman setia bagi konsumen di Indonesia dengan memberikan kemudahan pemenuhan kebutuhan sehari-hari lewat kanal-kanal terkurasi yang bermanfaat dan relevan untuk keseharian masyarakat Indonesia,” tutup Lia.

Baca Juga: Berikut Fitur-fitur Terbaru LazMall yang Bisa Meningkatkan Pengalaman Belanja Online Moms Menjadi Puas dan Menyenangkan