Waspadai Kerupuk dari Plastik yang Dijual Bebas! Begini Cara Mengenali Kerupuk yang Bagus dan Aman untuk Dikonsumsi

By Kintan Nabila, Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:10 WIB
Cara mengenali kerupuk berbahaya yang tak layak untuk dimakan (Ariyani Tedjo/ Kompas.com)

Nakita.id -  Orang bilang, makanan apapun rasanya kurang nikmat kalau tidak pakai kerupuk. Kerupuk telah lama jadi bagian penting dalam kuliner Indonesia. Saking populernya, kita dapat menemukan kerupuk di mana saja. Mulai dari meja makan di rumah, warteg, sampai restoran mewah. Namun, kita perlu hati-hati sebelum membeli kerupuk. Sebab banyak pedagang nakal yang menjual kerupuknya dengan kualitas buruk Bahkan belakangan ini ramai kerupuk yang dibuat dari campuran lilin dan plastik. Banyak orang membuktikannya dengan membakar kerupuk putih untuk mengetahui apakah memang ada kandungan lilin di dalamnya. Namun, sebetulnya kita bisa memastikan bawa kerupuk yang kita makan aman, begini caranya! Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bakal Girang Bukan Main! Kerupuk Melempem Bakal Jadi Renyah Lagi dengan Cara Sepele Ini

1. Warnanya lebih terang Hati-hati saat beli kerupuk warna-warni, seperti kerupuk merah atau kuning dalam kemasan. Apabila warna yang dihasilkan lebih terang kemungkinan kerupuk memakai zat aditif sebagai pewarna. 2. Kerupuk lebih renyah Apabila kerupuk teksturnya masih sangat renyah bahkan setelah disimpan dalam waktu lama, hal ini perlu dicurigai. Sebab normalnya, kerupuk yang dibiarkan terlalu lama akan menjadi alot atau ‘melempem’. Kerupuk yang terlalu renyah, kemungkinan mengandung boraks yang berbahaya untuk tubuh. 3. Tidak menyengat ke tenggorokan Kerupuk yang bagus, saat dimakan tidak akan terasa kasar dan membuat sakit tenggorokan.

Baca Juga: Penderita Penyakit Maag Dijamin Bersorak Gembira, Hanya dengan Kerupuk Kulit Penyakit Tersebut Bisa Langsung Sembuh Tanpa Obat4. Mudah hancur Kerupuk yang tidak mengandung bahan berbahaya akan lebih mudah di hancurkan ketika diremukkan. Oleh karenanya, periksa dulu kerupuk dengan cara menghancurkan nya sedikit sebelum membelinya. 5. Aroma menyengat Kerupuk yang mengandung plastik ketika di bakar akan mengeluarkan bau yang tajam dan menyengat. Biasanya para pedagang memasukkan plastik supaya kerupuk tetap renyah dalam waktu lama. Kerupuk yang mengandung plastik tentunya dapat membahayakan tubuh. Saat dimakan, kerupuk yang mengandung plastik akan sulit dicerna, sehingga proses pencernaan akan berlangsung lama. Hal ini akhirnya dapat mengganggu kerja usus dan membuat kita mulas-mulas bahkan diare.

Baca Juga: Hindari 5 Ciri Kerupuk yang Tak Layak Dimakan Seperti Ini, Nikmatnya Tak Sebanding EfeknyaArtikel ini telah tayang di Stylo dengan judul "Awas Nyawa Terancam karena Makan Kerupuk, Ini Ciri Kerupuk Berbahaya untuk Dikonsumsi!"