Jangan Sampai Masa Tua Gampang Sakit-sakitan, Kalau Mulai Sekarang Konsumsi Makanan Ini Agar Membantu Proses Penuaan Jadi Lebih Sehat

By Syifa Amalia, Rabu, 30 Maret 2022 | 23:00 WIB
Nutrisi untuk proses penuaan menjadi lebih sehat (Freepik.com)

Nakita.id – Satu hal yang pasti terjadi di dunia ini adalah menjadi tua.

Semakin bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami perubahan fisik yang signifikan dan penurunan fungsi organ tubuh.

Namun tentunya, Moms memiliki harapan agar proses penuaan tersebut berjalan dengan baik ya Moms.

Proses penuaan pada setiap orang berbeda-beda, begitu pula dengan nutrisi spesifik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara optimal.

Dengan memastikan nutrisi penting selalu masuk ke dalam tubuh, Moms akan mengalami penuaan yang sehat, mencegah malnutrisi, hingga menghindari penyakit kronis yang bisa menyerang.

Melansir dari Kompas, ahli diet dan gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Caroline West Passerrello mengatakan, ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan nutrisi sepanjang hidup.

Namun secara umum, nutrisi penting untuk penuaan yang sehat, termasuk protein, lemak omega-3, antioksidan terutama vitamin A, C, dan E untuk dukungan kekebalan yaitu kalium, kalsium, dan serat.

Selain itu, diet kaya makanan padat nutrisi juga dapat membantu orang dewasa mempertahankan massa otot hingga bermanfaat untuk kesehatan otak jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa makanan penting untuk proses penuaan yang lebih baik menurut Passerrello.

Baca Juga: Jangan Sampai Masa Tua Sering Dirujuk ke Rumah Sakit, Mulai Sekarang Sering-sering Makan Jus Tomat, Efeknya Bikin Badan Sehat Terus

Paprika merah untuk vitamin C

Makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu proses penuaan menjadi lebih sehat adalah paprika merah.