Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Ibu Demi Tumbuh Kembang Anak, Psikolog Jelaskan Perbedaan Stres, Kecemasan, dan Depresi

By Kintan Nabila, Kamis, 31 Maret 2022 | 12:15 WIB
Menjaga kesehatan mental ibu demi tumbuh kembang anak di masa depan (Freepik.com)

Nakita.id - Kesehatan mental seorang ibu menjadi salah satu persoalan yang tak boleh diabaikan.

Seperti yang kita tahu, seorang ibu memiliki peran besar dalam keluarga, terutama dalam mengasuh anak.

Tak jarang dalam proses tersebut, ibu mengalami stres dan kecemasan berlebih yang apabila tidak segera diatasi bisa memicu masalah kesehatan mental seperti depresi.

Mengutip dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, kesehatan mental seorang ibu menjadi krusial dalam pengasuhan, tumbuh kembang anak, dan perannya menjalankan tugas sehari-hari.

Namun sayangnya, kesehatan mental ini terkadang masih sering disepelekan, baik oleh pasangan, keluarga, lingkungan, dan bahkan oleh ibu itu sendiri.

Ayoe Soetomo, M.Psi., Psikolog, Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga dari TigaGenerasi menjelaskan menjelaskan, hal tersebut karena kurangnya edukasi mengenai masalah kesehatan mental itu sendiri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, apa perbedaan antara stres, kecemasan, dan depresi.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya, Moms!

Ayoe menjelaskan bahwa, stres, kecemasan, dan depresi adalah hal yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Fase-fase Depresi yang Rentan Dialami Seorang Ibu, Psikolog Sebutkan Gejala-gejalanya Mulai dari Tahap Ringan Sampai Berat

"Stres adalah respon tubuh terhadap satu kondisi yang penuh tekanan," kata Ayoe dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id, Selasa (22/3/2022).

"Stres bisa berasal dari lingkungan eksternal atau dari dalam hidup ibu itu sendiri," lanjutnya.