Lebih Bagus Booster ASI dari Makanan Alami atau Suplemen Obat-obatan Supaya ASI Lancar? Yuk, Simak Penjelasan dari Konselor Laktasi

By Kintan Nabila, Kamis, 31 Maret 2022 | 18:29 WIB
Supaya ASI lancar sebaiknya mengonsumsi makanan booster ASI atau suplemen (Freepik.com)

Nakita.id - Para Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai makanan untuk booster ASI.

Misalnya, daun katuk, bayam, almond, bawang putih, beras merah, dan sejumlah makanan lainnya.

Mengacu pada pengobatan tradisional, semua bahan makanan tersebut dipercaya dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Namun, bagi Moms yang kurang begitu percaya dan tidak kunjung merasakan khasiatnya, mereka lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen dari dokter.

Wah, sebetulnya lebih efektif mengonsumsi booster ASI seperti makanan atau suplemen dari dokter, ya?

dr. Utami Indra Putri, Konselor Laktasi dan PMBA di inHarmony Vaksin, menjelaskan bahwa keduanya sama-sama berkhasiat.

Bagi Moms yang tidak begitu percaya, dr. Utami menjelaskan bahwa booster ASI berupa makanan sebetulnya memang benar-benar ada.

"Kalau untuk booster ASI itu benar ada, bentuknya macem-macem bisa berupa makanan atau ada zat dalam suplemen yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI," katanya dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai kedua booster ASI tersebut!

Baca Juga: Jangan Panik saat Air Susu Susah Keluar! Begini Tips Supaya ASI Bisa Lancar dan Banyak untuk Ibu yang Baru Pertama Kali MengASIhi

"Ada yang sifatnya alami dan dari budaya setempat misalnya daun katuk, atau mungkin di daerah lain dan negara lain beda lagi," kata dr. Utami.

Lebih lanjut, dr. Utami menjelaskan, terkait booster ASI berupa makanan ini khasiatnya mungkin berbeda-beda pada setiap ibu.