Research & Analytics Marketing KG Media Kerja Sama dengan Litbang Kompas Selenggarakan Riset Aspirasi Generasi Muda, Ungkap 2 Hal yang Jadi Kegalauan Anak Muda Saat Ini

By Poetri Hanzani, Jumat, 8 April 2022 | 19:13 WIB
Research & Analytics Marketing KG Media bekerja sama dengan Litbang Kompas, menyelenggarakan riset Aspirasi Generasi Muda (pexels/Tima Miroshnichenko)

Nakita.id - Generasi muda merupakan penerus bangsa dan pembentuk dunia di masa depan. Sebutan tersebut tentu tidaklah salah.

Pasalnya, mayoritas populasi dunia saat ini merupakan generasi muda.

Pada masa depan, tentu akan menjadi pihak yang memiliki peran besar dalam membentuk “wajah” dunia, mengambil keputusan, menggerakkan ekonomi, bahkan menentukan nasib sebuah bangsa.

Di Indonesia, generasi muda didominasi oleh generasi milenial dan Z. Generasi milenial yang dimaksud adalah penduduk yang lahir pada kurun 1981 hingga 1996.

Sementara itu, generasi Z (gen Z) adalah penduduk yang lahir pada kurun 1997 hingga 2012.

Adapun perkiraan usia generasi milenial saat ini adalah 25-39 tahun. Gen Z yang termasuk golongan anak muda diperkirakan berusia 15-24 tahun.

Apabila merujuk pada data yang dihimpun dari Sensus Penduduk 2020, generasi milenial di Indonesia berjumlah 69,38 juta jiwa.

Komposisinya adalah 25,87 persen dari total penduduk Indonesia.

Sementara gen Z, jumlahnya mencapai 74,93 juta jiwa. Komposisi gen Z dibanding total penduduk Indonesia adalah 27,94 persen.

Baca Juga: Pendidikan Finansial yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Masuk SMA, Ajari Cara Membuat Anggaran Sederhana

Buku Tahunan Statistik 2021 yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), mengelompokkan penduduk Indonesia per Agustus 2021 berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Dalam pengelompokan penduduk tersebut, terlihat bahwa jumlah populasi generasi milenial dan Z semakin mendominasi.