13 Kombinasi Vaksin Booster Terbaik dari Kementrian Kesehatan untuk Masyarakat Indonesia, Apa Saja Moms?

By Shannon Leonette, Sabtu, 9 April 2022 | 16:30 WIB
Moms, simak apa saja kombinasi vaksin booster terbaik untuk masyarakat Indonesia. (pexels.com/Thirdman)

Nakita.id - Moms wajib tahu, berikut ini beberapa kombinasi vaksin booster terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus menambah ragam kombinasi vaksin booster bagi masyarakat Indonesia yang telah menerima dosis primer lengkap.

Dilansir dari Kompas (2/4/2022), sejak awal peluncuran program vaksinasi booster di Indonesia, tepatnya pada pekan kedua Januari 2022, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyebut ada 5 jenis vaksin yang bisa digunakan untuk booster.

Diantaranya adalah Coronavax Covid-19 BioFarma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax.

Ada yang hanya bisa digunakan secara homolog (diberikan pada penerima vaksin jenis yang sama), tetapi ada pula yang heterolog atau kombinasi (diberikan pada penerima vaksin jenis yang berbeda).

Namun, seiring waktu, kombinasi vaksin booster terus mengalami penambahan seiring munculnya hasil uji klinis dari badan terkait, yang menjamin bahwa kombinasi-kombinasi vaksin tersebut aman dilakukan.

Selain itu, kombinasi vaksin yang diluncurkan Kemenkes juga berdasarkan rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan izin penggunaan darurat dari BPOM.

Terbaru, Kemenkes menambahkan 3 kombinasi vaksin booster, sehingga sekarang sudah ada 13 ragam kombinasi vaksin booster terbaik yang bisa didapat oleh masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah ketiga belas ragam kombinasinya, seperti dikutip dari laman Kemenkes via Kompas.

Baca Juga: Akhirnya Bisa Mudik! Ini Syarat Mendapat Vaksin Booster untuk Mudik Lebaran 2022

1. Vaksin primer Sinovac

- AstraZeneca: 1/2 dosis