Sudah Dua Garis Biru, Jangan Sampai Lupakan yang Satu Ini! Begini Tips Menyiapkan Kebutuhan Finansial saat Hamil Anak Pertama menurut Psikolog

By Shannon Leonette, Minggu, 24 April 2022 | 15:24 WIB
Jangan sampai terlupakan. Ini tips menyiapkan kebutuhan finansial saat hamil anak pertama menurut psikolog. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Nakita.id - Moms dan Dads harus tahu apa saja tips menyiapkan kebutuhan finansial saat hamil anak pertama.

Tentu semua calon orangtua sepakat bahwa kehamilan menjadi masa yang paling mengesankan.

Terlebih, jika Moms dan Dads saat ini sedang menanti kehadiran sang buah hati pertamanya ke dunia.

Meski sudah tak sabar menanti, Moms dan Dads kerap melupakan satu hal penting selama masa kehamilan, yaitu kebutuhan finansial.

Moms dan Dads harus ingat, proses kehamilan, persalinan, bahkan pasca persalinan nanti akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Tak hanya biaya untuk konsultasi dengan dokter, biaya lainnya seperti perlengkapan bayi, pakaian bayi, susu formula, dan lain-lainnya juga perlu disiapkan.

Tak heran kalau banyak calon orangtua yang cenderung takut dan menghindari hal krusial ini, alih-alih memikirkannya hingga matang.

Lalu, bagaimana caranya agar Moms dan Dads bisa menyiapkan kebutuhan finansial setelah hamil anak pertama?

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak beberapa cara menurut ahlinya!

Baca Juga: Ingin Rencanakan Kehamilan? Pertimbangkan 4 Hal Finansial Ini Moms!

Feka Angge Pramita, M.Psi, psikolog klinis anak dan remaja di Klinik Anakku, Kelapa Gading, telah memaparkan beberapa tips menyiapkan kebutuhan finansial saat hamil anak pertama.

"Apabila suami atupun si istri ini tidak di-support oleh kantornya, berarti kan ada budget yang mereka harus sediakan secara khusus," kata Feka saat diwawancarai Nakita pada Jumat (22/4/2022).