Mulai Hari Ini, Mandi Pakai Air Es Selama 10 Menit Secara Rutin Efeknya Sampai Tua Nanti Gak Bakal Punya Keluhan Ini Lagi

By Syifa Amalia, Selasa, 26 April 2022 | 17:30 WIB
Efek yang akan terjadi setelah mandi pakai air es. (Freepik)

Nakita.id – Mandi air es selama ini kerap jadi ritual tersendiri bagi atlet setelah melakukan latihan.

Meskipun terdengar ekstrim namun selama dilakukan dengan aman dan benar justru bisa memberikan dampak yang luar bisa bagi tubuh.

Apakah Moms tertarik mencobanya?

Perlu diingat saat mencelupkan salah satu anggota tubuh maupun seluruhnya ke dalam bak berisi air dingin harus dibatasi waktunya.

Mandi air es harus dilakukan selama kurang lebih 10-15 menit tidak boleh lebih dari batas aman tersebut.

Terlalu lama merendam diri di air dingin dapat meningkatkan risiko hipotermia maupun gangguan kesehatan terkait.

Lantas kapan sebaiknya jika ingin mandi air es?

Dilansir dari Byrdie, waktu terbaik untuk mandi es adalah tepat setelah melakukan latihan atau aktivitas berat dimana otot-otot butuh untuk didinginkan.

Saat terkena air dingin, pembuluh darah akan menyempit dan mengecil. Dan ketika tubuh terangkat, perubahan suhu menyebabkan pembuluh darah melebar dengan cepat yang dapat membantu membuang produk sisa metabolisme otot.

 Baca Juga: Manfaat Mandi Pakai Air Es Secara Rutin, Tubuh Bakal Langsung Alami Perubahan Luar Biasa Ini Efeknya Terasa Hingga Usia Senja!

Elizabeth Gardner, MD, dokter dan asisten kedokteran olahraga Yale Medicine. Profesor Bedah Ortopedi di Yale School of Medicine, mengatakan pelebaran pembuluh darah yang cepat ini memberikan oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan otot.

Sehingga secara teori ini membantu otot pulih setelah latihan keras.