Rajin Berjemur Saja Belum Tentu Cukup, Kenali 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Segera Cek ke Dokter Kalau Sering Pegal dan Lesu

By Syifa Amalia, Kamis, 19 Mei 2022 | 20:55 WIB
Tanda tubuh kekurangan vitamin D (Pexels.com)

Nakita.id – Nasihat yang selalu terngiang-ngiang di kepala sejak dahulu, yakni anjuran untuk selalu berjemur setiap pagi.

Dengan berjemur, tubuh akan mendapatkan vitamin D secara langsung melalui sinar matahari.

Vitamin D berperan penting dalam proses pembentukan tulang, penyerapan kalsium, bahkan mampu mengurangi peradangan penyebab penyakit.

Namun, hanya karena setiap hari berjemur, Moms merasa sudah mendapatkan asupan vitamin yang cukup.

Padahal belum tentu Moms, sumber vitamin D tidak hanya didapat dari sinar matahari saja melainkan berasal dari beberapa makanan sehat.

Dan pada kenyataanya, tanpa disadari masih banyak yang belum mendapatkan cukup vitamin D.

Mengabaikan asupan vitamin D memiliki risikonya tersendiri seperti meningkatkan risiko tekanan darah, diabetes, dan tulang menjadi lebih rapuh.

Michael Holick, MD, penulis The Vitamin D Solution dan profesor kedokteran, fisiologi, dan biofisika di Boston. Pusat Medis Universitas mengatakan dalam Prevention.

Kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko depresi, kanker tertentu, demensia, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Baik-baik Kapan Vitamin A Diberikan Pada Anak, Sebab Jika Kurang Vitamin A Bisa Picu Dampak Buruk untuk Si Kecil

Maka dari itu, Moms perlu memperhatikan betul asupan vitamin D baik dari sinar matahari maupun dengan sumber makanan lain supaya tidak kekurangan.

Lantas, bagaimana caranya kita tahu bahwa tubuh kekurangan vitamin D dalam tubuh?