Tidak Ada Salahnya Ganti Tepung Biasa Pakai Tepung Singkong, Harga Lebih Murah Tapi Punya Segudang Manfaat yang Bisa Bikin Tubuh Lebih Kebal Penyakit

By Syifa Amalia, Selasa, 31 Mei 2022 | 07:00 WIB
Manfaat konsumsi tepung singkong. (Nakita.id/David Togatorop)

Nakita.id –  Kebutuhan akan tepung terigu memang tidak bisa terlepaskan untuk masak memasak.

Namun bila Moms membutuhkan tepung yang lebih sehat, tidak ada salahnya untuk mengganti tepung terigu dengan tepung singkong.

Tepung singkong lebih kaya serat, protein, dan mineral dibandingkan tepung terigu. Paling penting, tepung singkong memiliki sifat yang bebas gluten.

Umumnya produk bebas gluten cenderung lebih mahal dan memiliki nilai gizi lebih rendah daripada yang mengandung gluten.

Namun, tepung singkong lebih terjangkau dan kaya akan nutrisi. Tepung singkong dikemas dengan sumber serat, mineral, dan vitamin yang baik.

Jika Moms tertarik untuk mencoba tepung singkong untuk membuat roti atau makanan lainnya, bisa membelinya di toko terdekat.

Namun bila ingin membuatnya sendiri maka caranya cukup mudah.

Pertama rebus singkong sampai empuk, kemudian biarkan dingin selama kurang lebih lima menit. Parut singkong dan letakkan di atas loyang. Kemudian panggang hingga benar-benar kering.

Haluskan kembali dalam blender sampai benar-benar mendapatkan tepung singkong yang halus. 

Baca Juga: Khasiatnya Gak Kalah Jempolan Daripada Obat Apotek, Mending Besok Olah Singkong Jadi Begini, Sakit Kepala yang Menyiksa Pasti Langsung Hilang dalam Hitungan Jam

Tidak hanya mempunyai rasa yang tidak kalah lezat, tepung singkong juga memiliki banyak manfaat.

Melansir dari Style Craze, mengonsumsi tepung terigu dapat berkontribusi banyak pada kesehatan.