Sayang Sekali, Sudah Makan Sehat Tiap Hari Tapi Sejumlah Vitamin dan Mineral Penting Ini Malah Tak Diserap Tubuh

By Kintan Nabila, Sabtu, 4 Juni 2022 | 07:35 WIB
Vitamin dan mineral penting yang sering dilewatkan (Nakita.id/Syifa Amalia)

Nakita.id - Untuk menjalani hidup yang sehat kita perlu mengatur asupan makanan sehari-hari dengan benar.

Namun, seringkali sepiring penuh makanan sehat tidak menyediakan semua jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dan sayuran pun tidak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, pasti ada beberapa vitamin dan mineral yang hanya bisa didapatkan di makanan lain. Di sisi lain, ada juga beberapa vitamin dan mineral yang tidak mudah diserap karena kondisi tubuh tertentu. Melansir dari Times of India, berikut beberapa vitamin dan mineral yang sering tidak sengaja terlewatkan. 1. Vitamin D Seperti yang kita ketahui, cara terbaik untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Namun, saat cuaca sedang kurang bagus kita tidak bisa mendapatkan vitamin ini. Sebagai alternatifnya, Moms bisa memperoleh vitamin D dari makanan seperti salmon, susu, jus jeruk, kuning telur dan sereal. Baca Juga: Mengenal Vitamin Ibu Hamil dari Bidan Beserta Kegunaannya Agar Moms dan Si Kecil Sehat Selama Kehamilan

2. Vitamin K Vitamin K adalah nutrisi penting yang dapat membantu mengobati luka dan masalah pembekuan darah. Vitamin ini juga bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang dan membuatnya kuat. Sumber makanan terbaik untuk vitamin K terdiri dari brokoli, bayam, kangkung, selada, telur, kembang kol dan ikan. 3. Vitamin B12 Vitamin B12 fungsinya untuk membantu menjaga saraf dan sel darah tetap sehat. Selain itu juga memfasilitasi pembuatan DNA, meningkatkan energi, dan meningkatkan metabolisme. Bagi yang menderita kekurangan vitamin B12 bisa mengonsumsi makanan sehat ini. Diantaranya seperti susu, telur, yogurt, ikan berlemak, daging merah, kerang, dan sereal. Baca Juga: Takaran Ideal Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi Sehari-Hari, Berapa Banyak Porsinya?

4. Magnesium Magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Khasiatnya dapat membantu membangun kekuatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi kecemasan. Sumber magnesium terbaik bisa kita dapatkan ada dalam makanan sehat ini. Diantaranya alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau dan ikan berlemak. 5. Asam lemak omega-3 Ada beberapa manfaat menambahkan asam lemak Omega-3 dalam makanan sehari-hari.  Khasiatnya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan yang dapat meminimalkan risiko penyakit jantung. Untuk mendapatkan asam lemak Omega-3 yang cukup, coba konsumsi makanan seperti ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), kacang-kacangan dan biji-bijian, dan minyak nabati.

Baca Juga: Lebih Manjur dari Suplemen Vitamin, Kalau Ingin Kekebalan Tubuh Meningkat Kuncinya Ada pada Makanan Ini