Mulai Malam Ini Jangan Tidur Miring ke Kanan Lagi! Efeknya Bisa Picu Sejumlah Masalah Kesehatan Ini

By Kintan Nabila, Minggu, 5 Juni 2022 | 21:30 WIB
Bahaya tidur miring ke kanan (pexels)

Nakita.id - Setiap orang punya posisi tidur yang nyaman untuknya sendiri.

Ada yang suka miring ke kiri, ke kanan, tengkurap, atau telentang. Bahkan terkadang kita sendiri pun tidak sadar sering tidur dalam posisi tersebut setiap malam. Namun, hati-hati bagi Moms yang suka tidur miring ke kanan. Terutama bagi para wanita yang sedang hamil. Ternyata posisi tidur kita bisa memberikan dampak langsung pada kesehatan tubuh. Posisi tidur miring ke kanan memang bagus untuk kesehatan jantung. Tetapi di sisi lain bahayanya pun lebih banyak daripada manfaatnya. Melansir dari Bright Side, berikut efek samping tidur miring ke kanan.

Baca Juga: Mitos VS Fakta Kehamilan Posisi Tidur Ibu Hamil, Lebih Baik Hadap Kanan Atau Kiri? Berikut Penjelasannya

 1. Tidak bagus untuk ibu hamil Saat perut semakin membesar, akan semakin sulit bagi Moms untuk mendapatkan tidur nyenyak. Posisi tidur miring ke kanan dapat membatasi aliran darah ke jantung dan bayi. Karena dengan adanya bayi, beberapa organ akan terdorong ke atas sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman saat tidur miring ke kanan. 2. Memperburuk refluks asam Apabila Moms mengalami refluks asam sebaiknya hindari tidur miring ke kanan. Sebab gejalanya bisa bertambah parah misalnya mulas dan ada rasa terbakar di dada. Untuk mengatasinya cobalah sesekali mengubah posisi tidur miring ke kiri. Selain itu, cobalah mengonsumsi makanan sehat, rajin olahraga, dan mengenakan pakaian longgar.

Baca Juga: Tips Mengurangi Masalah Susah Tidur saat Hamil, Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Jadi Salah Satu Kuncinya

3. Memengaruhi sirkulasi darah Tidur miring ke kanan dapat menyebabkan tekanan pada tubuh sehingga menghimpit pembuluh darah. Sebaliknya, tidur miring ke kiri dapat membantu jantung untuk memompa darah lebih efisien. Sirkulasi darah yang berjalan dengan baik merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu juga dapat mengurangi risiko terjadinya varises. 4. Memberi tekanan berlebih pada hati Karena hati terletak di sisi kanan tubuh, maka posisi tidur tersebut sangat tidak dianjurkan Pada akhirnya hal ini dapat menyebabkan tekanan berlebih pada hati yang membuat kita tidak nyaman saat tidur. Cobalah sesekali mengubah posisi tidur ke kiri atau terlentang.

Baca Juga: Ini Pentingnya Cukup Tidur untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan Sejak Awal Kehamilan