Ingin Jantung Lebih Sehat Sampai Kakek Nenek? Coba Lakukan Teknik Pernapasan Ini dengan Rutin Setiap Hari

By Kintan Nabila, Selasa, 7 Juni 2022 | 08:47 WIB
Teknik pernapasan untuk menjaga kesehatan jantung (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Moms, penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global.

Menurut WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, setiap tahunnya ada sekitar 17,9 juta jiwa yang meninggal karena penyakit kardiovaskular.

Salah satunya penyakit jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, merokok, ketergantungan alkohol, dan stres kronis.

Kunci utama untuk mencegah risiko penyakit jantung, adalah rutin olahraga seperti berjalan, jogging, atau latihan aerobik lainnya.

Tetapi tahukah Moms, bahwa kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari seperti bernapas juga bisa membantu mencegah risiko penyakit jantung?

Ternyata ada teknik pernapasan dalam yang bagus untuk menghilangkan stres dan menjaga kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa, bernapas dalam-dalam dapat memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah.

Teknik pernapasan ini akan merangsang saraf vagus, yang mengurangi perasaan cemas atau tegang.

Baca Juga: Salah Satunya Bikin Masalah Pernapasan, Ini Dia Risiko yang Akan Muncul Akibat AC yang Kotor

Dengan begitu, Moms bisa mengelola perasaan dan tingkat stres lebih baik serta membantu menenangkan diri dengan mudah dalam beberapa saat.

Mengambil napas dalam-dalam juga dapat membantu mengoksidasi otot-otot dan meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan pengelihatan, meningkatkan kualitas saluran pernapasan, dan memperkuat tulang.