Apa Saja Tanda-tanda Anak Kurang Gizi? Ternyata Banyak yang Tak Disadari Orangtua, Begini Penjelasan Ahli

By Kirana Riyantika, Kamis, 9 Juni 2022 | 09:39 WIB
Tanda-tanda anak kurang gizi (Nakita.id/Kirana)

Nakita.id - Moms yang memiliki anak tentu sangat memerhatikan gizi anak, apakah sudah tercukupi atau belum. Moms juga perlu tahu mengenai tanda-tanda anak kurang gizi.

Anak kurang gizi merupakan kondisi saat anak tidak menerima nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak.

Bila dibiarkan berlarut-larut, kurang gizi bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan anak.

Mendeteksi anak kurang gizi sedini mungkin bisa membuat para orangtua memperbaiki pola makan anak sehingga bisa memperbaiki gizi anak.

Tim Nakita telah mewawancarai secara eksklusif dr. Listya E. Wulandari SpA selaku PNS di RSUD Kota Salatiga, yang juga bekerja di Klinik Asta Ceria Jl Ahmad Yani Salatiga.

Dokter Listya membeberkan beberapa tanda anak kurang gizi.

"Beberapa tanda-tanda anak kurang gizi diantaranya berat badan dan tinggi badan anak berada di bawah kurva pertumbuhan rata-rata normal anak seumurannya, kurang nafsu makan, dan pertumbuhannya terlambat.

Anak jadi merasa lelah, terlihat lesu, tidak terlihat ceria, dan lebih rewel," jelas dr. Listya.

Tanda-tanda anak kurang gizi juga bisa dilihat dari kulit dan rambutnya.

Baca Juga: Para Orangtua Perhatikan Kondisi Si Kecil Sekarang , Nafsu Makan Anak Menurun Hingga Sulit Fokus Terhadap Hal yang Dilakukan Bisa Jadi Ciri-ciri Anak Kurang Gizi

Dokter Listya menjelaskan, salah satu tanda-tanda anak kurang gizi adalah kulit yang tampak sangat kering.

"Kulit terlihat tipis, kering, dan pecah-pecah. Rambut anak tampak tipis berwarna kemerahan, serta kering seperti rambut jagung dan alami kerontokan.