Cara Mengatasi Badan Kurus karena Asam Lambung dan Rekomendasi Makanan bagi Penderita GERD

By Nita Febriani, Senin, 20 Juni 2022 | 09:15 WIB
Cara mengatasi badan kurus karena asam lambung (nakita/alvioni)

Nakita.id - Cara mengatasi badan kurus karena asam lambung penting diperhatikan sebab seseorang yang mengalami asam lambung dan berat badan menurun drastis mungkin memiliki penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD adalah nama lain untuk asam lambung tingkat parah. Kondisi ini mempengaruhi sekitar 20% orang di Amerika Serikat, menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK).

Mengapa asam lambung dapat menyebabkan penurunan berat badan?

Seseorang dengan GERD mungkin mengalami mual dan nyeri sehingga kesulitan menelan.

Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah terus-menerus, yang menunjukkan komplikasi GERD.

Meskipun individu dengan kondisi ini mungkin tidak mencoba untuk menurunkan berat badan, mereka pada akhirnya mengonsumsi lebih sedikit makanan karena gejala yang mempengaruhi pencernaan mereka.

Inilah sebabnya mengapa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah kemungkinan komplikasi dari kondisi penyakit asam lambung.

Setelah orang menderita GERD dan kondisinya menjadi kronis, penurunan berat badan dapat terjadi karena komplikasi terkait makan dan nafsu makan.

Meskipun kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko GERD dan banyak kondisi kesehatan lainnya, memiliki berat badan yang tidak mencukupi juga dapat berbahaya bagi kesehatan dan membawa risiko kematian yang lebih tinggi, terutama seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Badan Kurus karena Asam Lambung, Ini yang Harus Dilakukan Agar Berat Badan Naik Secara Konstan

Cara Mengatasi Badan Kurus karena Asam Lambung

Studi lain menemukan bahwa memiliki berat badan kurang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah.