Kapan MPLS Dilaksanakan? Para Orangtua Harus Tahu Tentang Jadwal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Satu Ini

By Amallia Putri, Rabu, 6 Juli 2022 | 12:50 WIB
Kapan MPLS dilakukan? Pertengahan Juli 2022 jadi jadwal kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (Dok. Nakita/Nita Febriani)

Nakita.id - Moms dan Dads harus tahu apa itu MPLS dan kapan kegiatan ini dilaksanakan.

MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Di kegiatan ini, anak akan dikenalkan dengan lingkungan di sekolahnya saat jadi siswa baru.

Kegiatan MPLS mungkin tidak seperti kegiatan pembelajaran pada umumnya di mana siswa dan siswi baru akan membuka buku dan mengerjakan soal di kelas.

Dalam acara yang dilaksanakan di hari pertama sekolah ini, anak diminta untuk lebih mengenal dengan teman-teman dan guru barunya. 

Tak hanya itu saja, nantinya anak akan diperkenalkan dengan berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang ada di sekolahnya, dengan tujuan anak mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Kira-kira kapan MPLS dilaksanakan? Sampai saat ini, masih banyak orangtua yang belum tahu kapan kegiatan ini dilaksanakan.

Melansir dari Tribunnews, hari pertama sekolah anak, baik dari jenjang SD, SMP, dan SMA menyesuaikan dengan kalender pendidikan yang ada.

Kalender pendidikan ini biasanya bergantung pada kebijakan sekolah dan pemerintah setempat.

Seperti misalnya, hari pertama anak masuk sekolah adalah pada tanggal 11 Juli 2022. Begitu juga dengan di Jawa Tengah.

Baca Juga: Apa Itu MPLS? Ini Dia Hal yang Harus Orangtua Tahu Soal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Saat Anak Jadi Siswa Baru

Namun, lain halnya dengan kegiatan MPLS di provinsi Banten dan Jawa Barat.

Berbagai sekolah baik negeri maupun swasta di provinsi Banten dan Jawa Barat menyelenggarakan hari pertama sekolah pada 18 Juli 2022.