Meski Endometriosis Dapat Dialami Semua Wanita, Tapi Orang dengan Kondisi Ini Berisiko Lebih Tinggi Terkena Gangguan, Moms Termasuk?

By Syifa Amalia, Minggu, 24 Juli 2022 | 18:00 WIB
Faktor risiko endometriosis yang dapat membuat wanita berpeluang mengalami penyakit ini, salah satunya riwayat keluarga (Nakita.id/Alvioni)

Nakita.id – Penting bagi setiap wanita untuk memeriksakan organ reproduksinya, termasuk untuk mengetahui adanya gangguan endometriosis.

Endometriosis merupakan masalah kesehatan yang umum pada wanita.

Sesuai dengan nama penyakitnya, endometriosis terjadi ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim atau di area lain di tubuh yang bukan tempatnya.

Dilansir dari Women’s Health, endometriosis ditemukan di ovarium, saluran ruba, jaringan yang menahan rahim pada tempatnya, dan permukaan luar rahim.

Pertumbuhan endometriosis bersifat jinak bukan kanker, kendati demikian mereka masih dapat menyebabkan masalah hingga komplikasi.

Pertumbuhan endometriosis dapat membengkak dan berdarah dengan cara yang sama seperti yang dilakukan lapisan di dalam rahim setiap bulan selama periode menstruasi.

Pertumbuhan juga dapat terus berkembang dan menyebabkan masalah, seperti:

- Memblokir saluran tuba ketika pertumbuhan menutupi atau tumbuh ke indung telur. Darah yang terperangkap di ovarium dapat membentuk kista.

- Peradangan

Baca Juga: Simak Mitos vs Fakta Kehamilan Seputar Endometriosis, Jangan Asal Percaya Ya, Moms!

- Membentuk jaringan parut dan perlengketan. Jaringan parut ini dapat menyebabkan nyeri panggul dan menyulitkan untuk hamil.

- Masalah di usus dan kandung kemih.