Tak Ada Lagi Asam Urat Menyiksa, Minum Racikan Minuman Ini Ternyata Bisa Redakan Gejala Nyeri Sendi Akibat Asam Urat, Yuk Coba!

By Diah Puspita Ningrum, Selasa, 26 Juli 2022 | 15:15 WIB
minuman untuk menurunkan asam urat (Nakita/Kirana)

Nakita.id - Asam urat menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi akumulasi asam urat di tubuh dikenal sebagai hiperurisemia.

Dokter memastikan hal tersebut ketika kadar asam urat melebihi 7 mg/dl.

Zat ini berasal dari penguraian purin dari sumber makanan tertentu. Mereka dikirim ke darah dan, setelah itu, ginjal menghilangkannya dari tubuh.

Namun, setiap gangguan dalam proses eliminasinya, baik karena tubuh tidak dapat mengeluarkannya atau karena terlalu banyak asam urat, dapat menyebabkan reaksi inflamasi.

Akibatnya, kita bisa menderita lebih banyak nyeri sendi serta risiko lebih tinggi terkena asam urat dan batu ginjal.

Beberapa gejalanya adalah nyeri dan peradangan pada persendian, terutama di tangan, lutut, pergelangan kaki atau tumit, serta kemerahan, kesulitan bergerak, bahkan deformasi sendi.

Untungnya, ada beberapa solusi alami yang tersedia untuk kita. Sifatnya membantu kita menjaga kadar asam urat yang sehat untuk mencegah komplikasi semacam ini.

Kita memang tidak dapat sepenuhnya menghilangkan asam urat dari tubuh kita, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi kadar atau mengendalikannya. Ambil langkah-langkah ini:

Baca Juga: Tanpa Obat, Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dan Kolesterol Ternyata Cuma Perlu Makan Terong yang Diolah Seperti Ini

- Batasi purin karena berubah menjadi asam urat setelah kita mengonsumsinya. Hindari daging (babi, sapi dan domba), jeroan (misalnya hati), beberapa ikan dan makanan laut (sarden, herring, teri, kerang), sayuran seperti kembang kol, asparagus dan konsentrat memasak (kubus, sup sachet).

- Konsumsi daging tanpa lemak dan hindari lemak. Konsumsi ikan putih baik serta sumber protein lainnya, termasuk produk susu, telur dan kacang-kacangan.