Mengurutkan Proses Tahapan Replikasi Virus, Soal dan Jawaban Lengkap Latihan Halaman 39 dan 40 Kurikulum Merdeka IPA Kelas X

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:28 WIB
Virus dan peranannya menjadi salah satu materi Kurikulum Merdeka IPA Kelas X (Pixabay.com)

Nakita.idVirus dan peranannya menjadi salah satu pembahasan dalam mata pelajaran IPA Kurikulum Merdeka Kelas X.

Salah satu soal virus dan peranannya yang diberikan dalam Kurikulum Merdeka adalah tentang replikasi virus.

Soal virus dan peranannya ini dapat ditemukan pada halaman 39 dan 40 buku IPA Bab 2 Kurikulum Merdeka Kelas X SMA.

Sebelum membahas soal dan jawabannya, yuk kita mengingat terlebih dahulu apa itu virus.

Virus merupakan material genetik yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dibalik ukurannya yang sangat kecil, virus ternyata sangatlah berbahaya.

Diameter virus berkisar antara 20 nanometer (nm) hingga 400 nanometer (nm).

Karena saking kecilnya, virus hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop electron.

Berdasarkan jenis asam nukleat yang menyusunnya, virus dikelompokkan menjadi dua.

Yaitu, virus DNA dan virus RNA.

Virus DNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa DNA (asam deoksiribonukleat).

Baca Juga: Terlengkap! Soal dan Jawaban Latihan Virus dan Peranannya Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPA Kelas X BAB 2

Sedangkan, virus RNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa RNA (asam ribonukleat).

Nah, supaya lebih mudah memahaminya, yuk kita bahas soal dan jawaban bagian Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 buku Kurikulum Merdeka IPA Kelas X!

Ayo Berlatih

Setelah belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.

Mengurutkan tahapan replikasi virus Kurikulum Merdeka IPA Kelas X

Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?

Jawaban: Urutan tahapannya adalah tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel

lisis.

2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.

Menentukan persamaan dan perbedaan siklus litik dan siklus lisogenik Kurikulum Merdeka IPA Kelas X

Jawaban:

Baca Juga: Apa Contoh Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi? Ringkasan dan Jawaban Lengkap Latihan Halaman 17 Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X

Siklus Litik:

- Sel inang pecah.

- Dilakukan saat ketahanan sel inang lemah.

Siklus Lisogenik:

- Sel inang tidak pecah.

- Materi genetik virus diwariskan ke sel anakan sel inang.

- Dilakukan saat ketahanan sel inang tinggi.

Persamaan: melalui tahap pelekatan dan penetrasi.

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.

Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Soal Eksponen dan Logaritma Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 31 Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

 

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

b. Kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus? Apa alasannya menyatakan benar atau salah?

Menentukan mana pernyataan yang benar tentang infeksi virus Kurikulum Merdeka IPA Kelas X

Jawaban:

a. Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.

b. Kegiatan laboratorium

- Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. Jawaban: Salah

- Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19. Jawaban: Benar

- Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron. Jawaban: Benar

Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil. Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan, sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.

Nah, itu dia soal dan jawaban lengkap Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 Kurikulum Merdeka IPA Kelas X.

Baca Juga: Menghitung dan Menyederhanakan Nilai Logaritma, Soal dan Kunci Jawaban Lengkap Latihan 1.5 Halaman 27 Kurikulum Merdeka Matematika Kelas X SMA