Berapa Kebutuhan Karbohidrat Ibu Hamil? Perhatikan Juga Waktu Kapan Harus Makan

By David Togatorop, Selasa, 30 Agustus 2022 | 05:50 WIB
Perhatikan asupan makanan agar ibu hamil tidak kelebihan karbohidrat. (Nakita.id/Tyas)

Nakita.id - Ibu hamil tentu membutuhkan banyak azupan makanan bergizi.

Namun kadang, membutuhkan asupan makanan itu salah diartikan dengan makan banyak, terutama konsumsi karbohidrat.

Sebenarnya, berapa takaran karbohidrat yang baik untuk ibu hamil?

Kebutuhan karbohidrat ibu hamil

Dalam keadaan tak hamil, seorang wanita membutuhkan karbohidrat sekitar 365 gram atau 1.460 Kalori karena 1 gram karbohidrat mengandung 4 Kalori.

Sebagai pemasok utama kebutuhan kalori, prosentase asupan makanan sumber karbohidrat ini mencapai sekitar 52 persen dari kebutuhan total kalori.

Dalam keadaan hamil yang kebutuhan kalorinya mengalami peningkatan sebesar 300 kalori, asupan sumber karbohidrat pun harus ditambah.

Sebagai pasokan terbesar dari kebutuhan kalori, asupan karbohidrat yang melebihi jumlah yang direkomendasikan tentu saja bakal tersimpan sebagai kelebihan energi dalam bentuk lemak tubuh.

Itu sebab, asupannya  harus betul-betul diperhatikan bila ingin menjaga berat tubuh.

Dari berbagai penelitian terbukti, cara makan yang sekaligus banyak ternyata lebih "merugikan" ketimbang makan sering dengan porsi kecil. Sebab, aktivitas makan dan mencerna makanan memerlukan kalori yang tidak sedikit.

Dengan begitu, makan yang sekaligus kenyang dengan jumlah porsi yang sama, membutuhkan lebih sedikit kalori dibanding makan sering dengan porsi kecil.

Hingga selisih antara kalori yang masuk dan yang dikeluarkan pun menjadi semakkin besar sehingga membuat tubuh jadi gampang gemuk.

Baca Juga: Bukannya Langsing Tapi Justru Lebih Cepat Menua, Waspada dengan Cara Diet yang Salah Ini