Prediksi Cuaca Ekstrem untuk Selasa 20 September 2022, BMKG Minta Warga Waspada Hadapi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Berikut

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 19 September 2022 | 18:50 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 20 September 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

Sudah masuk bulan September, Indonesia masih dilanda cuaca ekstrem.

Pasalnya, memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan, jadi tak heran kalau cuaca mulai berbeda sekarang.

Dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 20 September 2022.

Bukan tanpa alasan, BMKG punya penjelasan ilmiahnya mengenai cuaca ekstrem yang akan terjadi besok.

Ini semua karena adanya Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera Barat-Bengkulu, di Kalimantan Barat dan di Selat Makassar dan membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu, Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Perairan Barat Aceh hingga Aceh, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. 

Melalui laman resmi BMKG, diperkirakan besok akan ada 20 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Baca Juga: Semuanya Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 18 September 2022 untuk Wilayah-wilayah Ini