Psikolog Ini Ungkap Cara Sembuhkan Luka Batin Akibat KDRT, Utamanya Adalah Cari Support System

By Shannon Leonette, Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:30 WIB
Moms dan Dads wajib tahu, begini cara sembuhkan luka batin akibat KDRT menurut seorang psikolog. (Nakita.id/Alvioni)

Nakita.id - Begini cara sembuhkan luka batin akibat KDRT.

Mungkin Moms dan Dads masih belum tahu bagaimana cara sembuhkan luka batin akibat KDRT.

Maka dari itu, simak terus informasi berikut terkait cara sembuhkan luka batin akibat KDRT pada pasutri ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, kasus yang terjadi oleh pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar telah menambah daftar panjang kasus KDRT di Indonesia sepanjang tahunnya.

Bahkan, mengutip situs resmi Polri, berdasarkan data Kementerian PPPA, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan periode 1 Januari 2022 hingga 21 Februari 2022 tercatat sebanyak 1.411 kasus.

Sementara itu, sepanjang tahun 2021, terdapat 10.247 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dengan jumlah korban 10.368 orang. Angka di atas sudah termasuk angka kasus KDRT pada pasutri, Moms dan Dads.

Imbas dari KDRT bagi korban sendiri tak main-main! Selain mengalami luka fisik, korban juga umumnya bisa mengalami luka batin.

Oleh karenanya, tindakan kekerasan seperti KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) ini harus dihentikan, bahkan tidak boleh dilakukan.

Hal ini bahkan ditegaskan oleh Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog yang saat ini berpraktik di Personal Growth.

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," ucap Ayu saat diwawancarai Nakita pada Rabu (5/10/2022).

Apabila Moms atau Dads saat ini menjadi korban, atau bahkan ada kenalan yang mengalami KDRT, simak terus informasi terkait cara sembuhkan luka batin akibat KDRT.

Baca Juga: Lesti Kejora Berangkat Umroh Hari Ini, Bagaimana Nasib Kasus KDRT yang Bisa Buat Rizky Billar Jadi Tersangka?