Sering Tidak Disadari, Ternyata Penyebab Anak Mengemut Makanan Justru Kerap Dilakukan Orangtua, Salah Satunya Memaksa Makan

By Ratnaningtyas Winahyu, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:43 WIB
Penyebab anak mengemut makanan, salah satunya tidak diajarkan cara makan yang benar (Nakita.id/Adel)

Nakita.id – Banyak yang belum tahu, inilah penyebab anak mengemut makanan.

Penyebab anak mengemut makanan penting diketahui para orangtua.

Dengan mengetahui, penyebab anak mengemut makanan, Moms bisa mencegahnya ketika Si Kecil melakukannya.

Setelah melewati usia setahun, makin banyak hal yang menarik perhatian anak. Terlebih, gerakan psikomotoriknya makin beragam, hingga ia makin punya banyak cara untuk memuaskan kebutuhannya.

Ia pun lebih memahami, ketimbang bulan-bulan pertama kehidupannya, di masa batita ini makin banyak sarana yang bisa memenuhi rasa nyamannya.

Jadi, bila selama ini ia merasa nyaman setelah diberi minum atau makan saja, sekarang ia punya pilihan lebih banyak. Apalagi, bila anak tak menganggap makan sebagai suatu hal menyenangkan, ia mudah teralihkan.

Bahkan, karena terlalu asyik dengan hal lain, ia bisa lupa kalau di mulutnya masih ada makanan. Bisa juga anak makan karena takut dimarahi, hingga ia hanya melaksanakan kewajibannya membuka mulut dan mau disuapi.

Selanjutnya, karena ia tak menemukan enaknya makan, ia hanya mengemutnya.

Meski kelihatannya sepele, hal tersebut sebaiknya tidak dibiarkan terus-menerus, Moms. Maka dari itu, Moms perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab anak mengemut makanan.

Penyebab anak mengemut makanan

Melansir dari Tabloid Nakita, berikut ini tujuh penyebab anak mengemut makanan.

1. Tak diajarkan cara makan yang benar

Bila orangtua tak mengajarkan cara makan yang benar sejak anak mengenal makanan padat, tak perlu kaget bila Si Kecil akan mengemut makanannya.

Baca Juga: Ini Kiat Agar Anak Tak Mengemut Makanan