Pengertian Teori Paradigma Fakta Sosial menurut Para Ahli, Bab 2 Kurikulum Merdeka IPS Kelas 10 SMA Halaman 86

By Shannon Leonette, Rabu, 23 November 2022 | 14:04 WIB
Simak selengkapnya materi teori paradigma sosial di Bab 2 Kurikulum Merdeka IPS Kelas 10 SMA halaman 86 di sini. (Pexels / Vherlyana Febritasari)

Nakita.id - Berikut materi tentang teori paradigma fakta sosial menurut para ahli di Bab 2 Kurikulum Merdeka IPS Kelas 10 SMA halaman 86.

Materi yang dibahas dalam Bab 2 Kurikulum Merdeka IPS Kelas 10 SMA adalah Sosiologi: Individu dan Masyarakat.

Bab 2 Kurikulum Merdeka IPS Kelas 10 SMA membahas tentang 5 topik.

Yakni: pengantar sosiologi; sosiologi sebagai ilmu yang berparadigma ganda; penelitian sosial; tindakan sosial, interaksi sosial dan identitas; serta lembaga sosial.

Materi teori paradigma fakta sosial sendiri termasuk dalam topik sosiologi sebagai ilmu yang berparadigma ganda.

Sebelum mengetahui apa saja teori paradigma fakta sosial menurut para ahli, peserta didik perlu mengetahui maksud dari sosiologi sebagai ilmu yang berparadigma ganda itu sendiri.

Sosiologi Sebagai Ilmu yang Berparadigma Ganda

Seorang sosiolog berkebangsaan Amerika Serikat, George Ritzer, pada tahun 1975 menuliskan sebuah buku yang berjudul ‘Sociology: A Multiple Paradigm Science’.

Berdasarkan pemikiran Ritzer dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki dan menggunakan berbagai paradigma (kerangka atau cara berpikir) yang melahirkan banyak perspektif dan teori untuk menganalisis berbagai kajian sosiologi dalam rangka membantu memahami kehidupan sosial.

Melalui berbagai teori tersebut kalian dapat memilih teori yang sesuai untuk menjelaskan minat kajian yang ingin dipelajari.

Hal ini tentu berdampak pada perbedaan pandangan yang beragam.

Baca Juga: Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 7 Halaman 132-134 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X, Bahas tentang Indikasi Ketimpangan Sosial