Mondelez Indonesia Dukung Peningkatkan Kualitas UMKM Kuliner Agar Bisa Naik Kelas dan Pulih Lebih Cepat

By Nita Febriani, Kamis, 24 November 2022 | 08:00 WIB
Mondelez Indonesia Dukung UMKM Kuliner Naik Kelas dengan Tingkatkan Kualitas (Freepik/tirachardz)

Nakita.id - Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun membuat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengalami kesulitan.

Penurunan daya beli masyarakat selama pandemi membuat roda perekonomian melambat.

Tak sedikit UMKM khususnya di bidang kuliner yang terkena dampaknya. Bahkan banyak yang terpaksa gulung tikar.

Namun, seiring dengan membaiknya situasi, tren UMKM kuliner pun kembali menunjukkan geliat kebangkitannya.

Bagaimanapun, pandemi telah mendorong perubahan akan pola konsumsi dan pembelian camilan masyarakat, yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM Kuliner.

Memahami kondisi tersebut, Mondelez Indonesia dengan produknya seperti OREO, Cadbury, dan keju KRAFT, dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tahun ini kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner dengan mengedepankan tema “Berkelas Karena Kualitas”.

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mendukung penuh inisiatif yang dilakukan Mondelez Indonesia.

“Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia.

UMKM kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif di tahun 2020.

Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, mendukung kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentunya sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” jelas Sandiaga.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis UMKM Kuliner di Era Digitalisasi, Moms dan Dads bisa Bergabung dengan Komunitas untuk Berbagi Ilmu