Cara Mengubah Angka Numerik Jadi Angka Romawi di Microsoft Excel

By Kirana Riyantika, Minggu, 27 November 2022 | 12:58 WIB
Penjelasan cara mengubah angka numerik jadi romawi di Microsoft Excel (Pixabay/Pexels)

Nakita.id - Penting untuk mengetahui berbagai fitur yang ada di Microsoft Excel.

Microsoft Excel banyak digunakan untuk mengolah data.

Aplikasi Microsoft Excel bisa menghitung suatu data dengan rumus yang disediakan.

Meski data yang digunakan sangat banyak, bisa diolah dengan cepat menggunakan Microsoft Excel.

Beberapa fungsi Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:

- Membantu menyelesaikan perhitungan matematika atau logika

- Membantu catatan keuangan

- Membantu catatan pemasukan

- Menampilkan efisiensi atau produktivitas

- Menampilkan tabel atau grafik

Salah satu hal yang banyak ditanyakan adalah cara mengubah angka numerik menjadi romawi di Excel.

Baca Juga: Cara Menambah Kolom di Microsoft Excel Sangat Mudah, Ini Penjelasannya

Berikut cara mengubah angka numerik jadi angka romawi di Excel:

1. Buka program Microsoft Excel

2. Pilih sel yang akan diubah angkanya

3. Masukkan rumus roman, yaitu =roman(number,[form]) pada sel

4. Tekan Enter

Setelah itu, akan didapat angka yang semula numerik menjadi romawi.

Lalu, bagaimana bila ingin semua angka pada kolom itu berubah jadi romawi?

Caranya mudah sekali, Moms.

Tinggal letakkan kursor di pojok kanan bawah sel yang sudah diubah ke angka romawi hingga membentuk tanda +.

Kemudian, tekan kursor dan geser ke bawah.

Moms akan mendapati angka di bawahnya juga berubah menjadi angka romawi.

Baca Juga: Rumus Penjumlahan pada Microsoft Excel dan Langkah-langkah Penerapannya

Tahukah bahwa di Microsoft Excel juga bisa menambahkan kolom. Menu Insert Column bisa dimanfaatkan untuk menambahkan kolom.

Cara menambahkan kolom menggunakan menu Insert Column sangat mudah.

Ini penjelasannya:

- Pilih sel Excel tempat kolom ingin ditambahkan

- Klik Home, pilih menu Insert

- Lalu klik Insert Sheet Column

Akan didapati munculnya kolom baris di sisi sel yang tadi sudah dipilih.

Bisa juga menggunakan keyboard untuk menambah kolom, yaitu:

- Pilih sel Excel yang akan ditambahi kolom

- Tekan tombol Ctrk, Shift, dan tanda '+' secara bersamaan

Kolom baru akan muncul di sisi kiri sel yang dipilih tadi.

Baca Juga: Rumus Excel Pengurangan dan Cara Mengerjakannya!