Jawaban Soal Latihan 2.1 tentang Lingkaran Halaman 57 Nomor 4-8 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 15 Januari 2023 | 14:41 WIB
Jawaban soal Latihan 2.1 nomor 4-8 halaman 57 buku Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka tentang lingkaran (Pexels.com)

Nakita.id – Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah mengenal tentang lingkaran.

Kini, kita akan lanjut membahas Latihan 2.1 halaman 57 nomor 4-8 dalam buku Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Berikut ini penjelasannya.

Latihan 2.1

4. AB adalah diameter pada lingkaran berikut.

Jari-jari lingkaran 8,5 cm dan panjang AC = 8 cm.

Soal nomor 4 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Tentukan:

a. besar ∠ACB

b. panjang AB

c. panjang BC

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Soal Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers Uji Kompetensi Halaman 41 Nomor 6-9 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka 

Jawaban:

a. Besar ∠ACB

∠ACB adalah sudut keliling yang menghadap pada diameter AB (atau berdasarkan teorema Thales), maka

∠ACB = ½ ∙ 180°

            = 90°

b. Panjang AB

AB adalah diameter, maka panjang AB = 2 ∙ 8,5 = 17 cm

c. Panjang BC

Segitiga ACB adalah segitiga siku-siku panjang BC dapat dihitung berdasarkan teorema Pythagoras.

BC2 = AB2 – AC2

           = 172 – 82 = 152

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Uji Kompetensi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers Halaman 41 Nomor 1-5 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

BC  = 15 cm

5. Apa yang salah pada gambar berikut?

Soal nomor 5 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Jika ∠ABC = 90° seharusnya AC adalah diameter lingkaran.

Jika AC bukan diameter, maka ∠ABC ≠ 90°.

6. Lingkaran A berjari-jari 2 cm.

Soal nomor 6 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Tentukan:

a. besar ∠BDC

b. jika ∠CAD = 90°, tentukan besar ∠ACD

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Fungsi Invers Latihan 1.5 Halaman 39 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

c. panjang CD

Jawaban:

a. Besar ∠BDC

∠BDC menghadap pada diameter lingkaran, maka ∠BDC = 90°.

b. AB = AC = 2 dan BC ⊥ DA, maka segitiga DBC adalah segitiga sama kaki.

∠ACD = ∠DCB = ∠DBC

            = ½ (180° - ∠BDC)

            = ½ (180° - 90°)

            = ½ ∙ 90°

            = 45°

c. Panjang CD

Baca Juga: Mengenal Fungsi Invers, Jawaban Latihan 1.5 Halaman 39 Nomor 1 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

AC = AD = 2 dan besar ∠CAD = 90°, maka segitiga ACD adalah segitiga siku-siku sama kaki.

Panjang CD dapat dihitung dengan teorema Pythagoras (alternatif: memanfaatkan perbandingan trigonometri).

CD = 22 cm.

7. Jelaskan cara memanfaatkan alat gambar teknik berbentuk T ini untuk menentukan letak titik pusat piring.

Soal nomor 7 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Alat gambar teknik berbentuk T memiliki sudut siku-siku.

Berdasarkan teorema Thales, kita tahu bahwa menempatkan sudut siku-siku pada tepi lingkaran, maka sudut siku-siku itu menghadap pada diameter.

a. Letakkan sudut siku-siku pada tepi piring, gambarkan segitiga siku-siku. Sisi miringnya adalah diameter lingkaran.

Soal nomor 7 a Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

b. Ulangi langkah tersebut untuk mendapatkan diameter lingkaran yang lain.

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Komposisi Fungsi Latihan 1.4 Halaman 30 Nomor 6-9 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Soal nomor 7 b Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

c. Kedua diameter berpotongan di pusat lingkaran.

Soal nomor 7 c Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

8. Pada gambar berikut, titik P dan titik Q adalah mercusuar. Daerah dengan karang berbahaya telah dipetakan dan lingkaran menyatakan daerah berbahaya tersebut.

Kapal diharapkan tidak memasuki daerah lingkaran untuk menghindari kemungkinan kandas.

Soal nomor 8 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Pelajari sudut yang dibentuk antara cahaya dari kedua mercusuar (∠PCQ) jika kapal berada di luar lingkaran/pada lingkaran/di dalam lingkaran.

Menurutmu, informasi apa yang perlu diketahui kapten kapal tentang lokasi ini untuk memastikan kapalnya tidak kandas?

Jawaban:

Soal nomor 8 Latihan 2.1 Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Mari lihat 3 kasus:

Baca Juga: Kunci Jawaban Komposisi Fungsi Latihan 1.4 Halaman 30 Nomor 3-5 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

a. Kapal berada pada lingkaran.

Titik B terletak pada lingkaran. Sudut β dibentuk antara kapal dengan masing-masing mercusuar, merupakan sudut keliling yang menghadap ke PQ %.

b. Kapal berada di dalam lingkaran.

Titik A terletak di dalam lingkaran. Sudut α dibentuk antara kapal dengan masing-masing mercusuar.

α > β

c. Kapal berada di luar lingkaran.

Titik C terletak di luar lingkaran. Sudut γ dibentuk antara kapal dengan masing-masing mercusuar.

γ < β

Berarti β adalah batas aman.

Jika kapten kapal mengetahui besarnya sudut β, kapal dapat berlayar dengan aman dengan menjaga sudut yang dibentuk antara kapal dengan kedua mercusuar selalu kurang dari β.

Nah, itu dia jawaban soal Latihan 2.1 nomor 4-8 halaman 57 buku Matematika kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Definisi dan Syarat Komposisi Fungsi, Jawaban Latihan 1.4 Halaman 30 Nomor 1 dan 2 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka