Menjadi #LebihDekat dengan Masyarakat, Berikut Seluruh Rangkaian Kegiatan Selama HUT Ke-53 Gramedia

By Shannon Leonette, Kamis, 2 Februari 2023 | 16:05 WIB
Rayakan ulang tahun ke-53, Gramedia adakan rangkaian kegiatan selama empat hari agar #LebihDekat bersama masyarakat. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Tahun ini, Toko Gramedia merayakan hari ulang tahunnya yang ke-53 tahun.

Berdiri pada 1970, Toko Gramedia merupakan salah sati strategic business unit kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.

Hal ini berkaitan dengan misi Toko Gramedia untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Setelah berhasil melewati era pandemi dengan semangat #TanpaBatas, Gramedia kini berinovasi dan bertransformasi untuk #LebihDekat dengan masyarakat.

Mulai dari para pelanggan, penggiat literasi, pembaca, penulis, penerbit, mitra, pemasok, komunitas hingga seniman dengan menyediakan layanan, produk, event, dan value yang lebih inovatif dan customer-centric.

Sebagai satu langkah awal, Gramedia melaksanakan selebrasi ulang tahun ke-53 yang dilaksanakan secara hybrid.

Juga, serentak di tiga toko Gramedia yang berbeda, Gramedia Matraman, Gramedia Pakuwon Jogja, dan Gramedia Pettarani Makassar.

Dengan Gramedia Matraman sebagai pusat acara, hadir pula Lilik Oetomo selaku CEO Kompas Gramedia Group dan Priyo Utomo selaku CEO Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia, beserta jajaran.

Tidak hanya itu, Gramedia juga menghadirkan 'Lebih Dekat Festival' yang berkolaborasi dengan Bank BTN.

Festival ini adalah bentuk sinergi Gramedia dengan literasi, seni, masyarakat, serta akselerasi bisnis usaha mikro dan menengah.

Dalam rangka hari ulang tahun ke-53, Gramedia bekerja sama dengan Forum Taman Baca Indonesia untuk memberikan donasi pelanggan berupa paket buku ke 53 titik kota di Indonesia.

Baca Juga: 38 Tahun Elex Media Komputindo Hadir Lebih Dekat dengan Keluarga Indonesia

Selain itu, pada momen ini Gramedia juga menyalurkan Donasi Wakaf Al Qur’an sebanyak 1000 Al Qur’an untuk 10 lokasi pesantren yang membutuhkan.

Periode selebrasi ulang tahun ke-53 Gramedia ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu 2-5 Februari 2023.

Kamis, 2 Februari 2023

Priyo Utomo selaku CEO Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia

Kamis ini (2/2/2023), acara dibuka dengan sambutan dari Priyo Utomo selaku CEO Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, live report secara daring dari Gramedia Pettarani Makassar dan Gramedia Pakuwon Jogja, serta pengumuman pemenang dari lomba illustrasi produk eversac oleh ilustrator muda Indonesia di EPIC 2023.

Selain itu, Gramedia juga memperkenalkan Gramedia Mitra, Gramedia Affiliate, serta Pay & Go.

Ketiganya ini merupakan bentuk inovasi terbaru dari Gramedia dalam rangka menjadi #LebihDekat dengan masyarakat.

Tak hanya itu, Gramedia juga memberikan pengalaman menggunakan Pay & Go secara langsung, hingga eksibisi UMKM, dan merchandise eksklusif di sesi Lebih Dekat Festival Tour.

Jumat, 3 Februari 2023

Di hari kedua ini, Gramedia mengajak masyarakat penggiat literasi, penulis, dan Taman Baca Masyarakat DKI Jakarta untuk turut hadir dalam beberapa kegiatan yang menarik.

Diantaranya adalah Kupas Naskah dan Talkshow Kepenulisan GWRF x GWP, yang bisa diikuti oleh para penulis muda Indonesia yang ingin belajar menulis buku.

Juga, ada Book Signing Srikandi Indonesia Bertaruh Nyawa, serta Pentas Anak, Read Aloud & Bookish Play, dan Workshop Mendongeng yang bisa diikuti oleh anak-anak dari Taman Baca Masyarakat.

Baca Juga: Diskon Akhir Tahun Gramedia.com, Kode untuk Potongan 50% dan Gratis Ongkir

Sabtu, 4 Februari 2023 - Minggu, 5 Februari 2023

Pada dua hari ini, para pengunjung dapat menikmati beragam talkshow inspiratif yang dihadirkan oleh para penggiat literasi ternama Indonesia, dan penampilan musik.

Di tanggal 4, akan ada talkshow bertema 'Let’s Talk About Working Woman Stories in Metropop' oleh Nina Ardianti (The Dating Game) dan Almira Bastari (Home Sweet Loan).

Selain itu, ada juga Meet and Greet dengan para penuis dari Gagas Media, serta bedah Buku Rumus Juara oleh Mischka dan Devon.

Para hari selanjutnya, sang legenda kuliner Indonesia Sisca Soewitomo juga akan hadir dan menampilkan cooking demo dengan tema 'Menu Nostalgia ala Sisca Soewitomo'.

Akan ada juga sesi book talk seputar self-improvement bersama Puty Par (Tips PDKT Sama Diri Sendiri), HeloBagas (Nanti Juga Sembuh Sendiri), dan Valerie Patkar (Tebar Cinta Dengan Cerita).

Rangkaian ulang tahun Gramedia ini akan ditutup dengan penampilan dari komika Indonesia di Stand Up Indo dan penampilan musik oleh Nadine Amizah.

Unjuk karya visual selama rangkaian kegiatan Gramedia ini adalah hasil kolaborasi antara Gramedia dengan visual artist asal Depok, Herzven.

Visual yang dilihat para pengunjung dari seluruh kegiatan seremoni ini adalah hasil kolaborasi antara Gramedia dengan visual artist asal Depok, Herzven.

Memiliki nama asli Prayudi Herlambang, Herzven telah menghasilkan karya berskala lokal maupun global.

Herzven telah berkolaborasi untuk produk-produk dari brand ternama mulai dari POCO, Octopus.Ina, hingga Sosro.

Di tahun 2023 ini, Herzven bersama Gramedia menghadirkan visualisasi semangat baru Gramedia yaitu #LebihDekat.

Baca Juga: Memudahkan Anak Memahami Teknologi Masa Depan, Kompas Gramedia Selenggarakan Kogi's Weekend to the Future

Selama acara, para pengunjung juga dapat menikmati beragam merchandise eksklusif yang dihadirkan dari hasil kolaborasi Gramedia x Herzven bersama Viar dan Thanksinsomnia.

Mulai dari kaos hingga motor listrik bisa pengunjung dapatkan sembari menikmati rangkaian acara dan jajanan eksklusif dari UMKM.

Dalam upaya mendukung usaha-usaha kecil lokal Makassar, Gramedia bersama bank BTN menghadirkan bazaar UMKM Gramedia x Bank BTN yang dihadiri oleh usaha-usaha lokal milik nasabah bank BTN kota Makassar.

Bazaar ini berlangsung selama empat hari, pada 3-6 Februari 2023.

Para pengunjung bazaar dapat menikmati berbagai macam jajanan.

Mulai dari Hasanah Bakery, MnCo Drink, Ngikan, Roti Gembong Ratu, Croffelon, hingga Kekopian.id.

"Sebuah bangsa akan maju, jika tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga infrastruktur peradaban," ujar Priyo Utomo selaku CEO Group of Retail and Publishing Gramedia.

"Dengan membangun perpustakaan dan menyediakan berbagai informasi, bacaan, literasi yang mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. Itulah posisi dan peran strategis Gramedia di tengah perkembangan Indonesia seperti saat ini," lanjut Priyo menyampaikan.

Priyo juga berharap, dalam 50 tahun kedepan Gramedia harus lebih baik lagi.

"Kata kuncinya ada dua. Satu, relevan. Dua, adaptif. Selama Gramedia bisa membuat dirinya selalu relevan (dari sisi produk, bisnis model, bisnis proses, layanan) dan bisa dengan luwes menyesuaikan diri di tengah zaman yang selalu berubah, saya yakin Gramedia bukan sekadar akan bertahan," ungkapnya.

"Gramedia tetap akan ada, tumbuh, dan berkembang, untuk terus menginspirasi Indonesia yang kita cintai," tutupnya.

Baca Juga: Tingkatkan Pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), PT. Gramedia Asri Media dan Dukcapil Resmi Tandatangani Perjanjian Kerja Sama