Sederet Fakta Jubah Antik Berusia 200 Tahun yang Digunakan dalam Acara Penobatan Raja Charles III

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 8 Mei 2023 | 12:30 WIB
Jubah penobatan Raja Charles III menjadi pemimpin Inggris (Jonathan Brady/POOL/AFP via Kompas.com)

Nakita.id - Penobatan Charles III sebagai Raja Inggris menjadi sorotan warga dan publik dunia.

Adapun Raja Charles III akan menjalankan prosesi penobatan sebagai raja Britania Raya pada Sabtu (6/5/2023) pukul 11.00 waktu London atau 16.00 WIB di Westminster Abbey.

Charles III resmi menggantikan posisi Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada 8 September 2022.

Acara penobatan ini akan berfungsi sebagai upacara peresmian status baru Charles III sebagai kepala negara 15 wilayah Persemakmuran, termasuk Inggris.

Tidak hanya acara penobatan yang jadi sorotan, tapi ada satu hal yang menjadi perhatian publik.

Yaitu jubah yang dipakai Raja Charles III saat penobatan kemarin sdabtu.

Ya, jubah tersebut terlihat sangat mewah meski kelihatan jadul.

Tapi tahukah Moms banyak sekali fakta menarik dibalik jubah yang dipakai Raja Charles III saat penobatan kedua tersebut?

Raja Inggris Charles III akan mengenakan pakaian bersejarah dari Koleksi Kerajaan yang digunakan oleh raja-raja sebelumnya dalam Upacara Penobatan di Westminster Abbey pada tanggal 6 Mei.

Pakaian kebesaran ini akan dikenakan ketika Charles III dinobatkan sebagai Raja Inggris Raya oleh Uskup Agung Canterbury di Kursi Penobatan.

Menurut laporan resmi dari situs Kerajaan Inggris, Charles III akan memakai pakaian kebesaran yang digunakan Raja George IV tahun 1821, Raja George V tahun 1911, Raja George VI tahun 1937, dan Ratu Elizabeth II tahun 1953, termasuk Colobium Sindonis, Supertunika, Imperial Mantle atau Jubah Kekaisaran, Sabuk Pedang Penobatan, dan Sarung Tangan Penobatan.

Baca Juga: Masih Ada Perang Dingin Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Kerajaan Inggris Murka Dengar Klaim Soal Pangeran Harry yang Terakhir Tahu Wafatnya Ibunda Raja Charles III