Pentingnya Mengenal Anak dengan Gangguan Mental dan Penerapan Perhatian Khusus Menurut Arahan KemenPPPA

By Shannon Leonette, Kamis, 20 Juli 2023 | 17:41 WIB
KEMENPPPA telah menekankan pentingnya anak dengan gangguan mental mendapatkan perhatian khusus dari orangtua, juga saudara kandung dan pihak sekolah. Begini arahan yang disampaikan. (Nakita.id)

Nakita.id - Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Perlu diingat, Hari Anak Nasional ini menjadi ajang penting untuk mengingat kembali harapan bangsa terhadap anak di masa depan, yakni generasi yang sehat, hebat, dan cerdas.

Oleh sebab itu, jangan heran apabila Hari Anak Nasional diperingati sebagai bentuk kepedulian seluruh masyarakat Indonesia atas keamanan, kesejahteraan, serta kebahagiaan kehidupan anak.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, tahun ini Nakita mengangkat topik tentang menjaga kesehatan mental anak dan remaja.

Sama halnya dengan fisik, mental orang termasuk pada anak dan remaja juga bisa terganggu.

Namun sayangnya, tak banyak orangtua termasuk Moms dan Dads yang tahu betapa pentingnya perhatian khusus untuk anak maupun remaja dengan gangguan mental.

KEMENPPPA Tekankan Pentingnya Perhatian Khusus untuk Anak dengan Gangguan Mental

Menurut Amurwani Dwi Lestariningsih, anak maupun remaja dengan gangguan mental harus mendapatkan perhatian khusus karena ada perubahan dalam segala hal.

"Nilai-nilai dalam keluarga juga sedang mengalami perubahan, apalagi pada saat Covid-19 kemarin. Orang dihadapkan pada situasi yang tidak menentu, dan kita tidak sadar bahwa dalam situasi yang tidak menentu itu ada gap yang jauh antara orang tua dengan anak," ungkap Amur dalam wawancara eksklusif Nakita, Selasa (18/7/2023).

Selain itu, lanjut Amur, anak dengan cepat bisa mengikuti perubahan serta transformasi nilai dengan teknologi yang cepat dan orangtua terkadang masih gagap teknologi.

"Oleh karena itu, di sinilah peran orangtua itu menjadi penting untuk melakukan komunikasi secara efektif dengan anak. Memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak dalam situasi yang berubah," katanya berpesan.

"Meski nilai yang ada di dalam masyarakat berkembang dengan cepat dan berubah dengan cepat, tetapi ketika berada di dalam rumah, anak merasakan kenyamanan, anak merasakan kasih sayang dari orangtua, kelekatan dari orangtua," lanjutnya menyampaikan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kewalahan, Ini Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Gangguan Mental pada Anak