Pancasila sebagai Pandangan Hidup, Materi Bab 1 Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Senin, 9 Oktober 2023 | 12:30 WIB
Penjelasan mengenai kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bab 1 Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih membahas bab 1.

Adapun materi yang dijelaskan dalam bab 1 ini adalah tentang Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah membahas mengenai kedudukan Pancasila sebagai dasar negara.

Kini, kita akan belajar tentang kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup.

2. Pancasila sebagai Pandangan Hidup

Dalam buku Pendidikan Pancasila SMA/MA/SMK/MAK kelas X Kurikulum Merdeka, dijelaskan bahwa kedudukan Pancasila sebagai sebuah pandangan hidup bangsa relevan dengan istilah weltanschauung atau pandangan hidup yang disampaikan oleh Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945.

Pancasila sebagai pandangan hidup dapat dimaknai sebagai sebuah tata nilai yang berfungsi seperti halnya budaya atau norma yang telah hidup turun-temurun di tengah-tengah masyarakat.

Sebuah pedoman hidup yang mengikat dan memandu berbagai komponen bangsa Indonesia agar tetap hidup dari generasi ke generasi.

Dengan demikian, tanpa Pancasila sebagai pandangan hidup, bangsa Indonesia akan hidup terombang-ambing karena tidak memiliki pedoman.

Tanpa Pancasila, Indonesia menjadi bangsa yang tidak tertata dan teratur hidupnya karena tidak memiliki nilai-nilai keteladanan untuk dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Jika diperhatikan, contoh praktik Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa banyak ditemui di masyarakat dalam bentuk yang beraneka ragam.

Mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa beragam dengan suku, budaya, serta keyakinan beragama yang berbeda-beda.

Baca Juga: Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara, Materi Bab 1 Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

Kehadiran Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa pun diperlihatkan melalui bentuk-bentuk praktik yang beraneka ragam di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Singkatnya, setiap suku bangsa dan agama memiliki praktik-praktik Pancasila yang khas.

Hadirnya pemahaman yang bervariasi tersebut menyebabkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa perlu dipahami sebagai cara pandangan bangsa Indonesia untuk melihat segala macam perbedaan kesukuan dan agama dalam masyarakat sebagai suatu keniscayaan.

Hal ini sebagaimana semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika”.

Setiap orang yang merasa dirinya menjadi bagian dari bangsa Indonesia, meskipun berbeda suku atau agamanya, sama-sama bersaudara.

Persaudaraan itu didasari oleh pemahaman bahwa ada nilai-nilai Pancasila yang sama yang melekat di dalam diri masing masing. Kelekatan itu bisa saja berasal dari tradisi budaya suku yang diajarkan maupun dari ajaran agama yang dianutnya.

Adapun fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup ialah sebagai berikut:

a. Pancasila merupakan pedoman menyelesaikan berbagai persoalan hidup masyarakat Indonesia.

b. Pancasila dapat menjadi alat/cara untuk memecahkan berbagai problematika sosial, politik, ekonomi, dan budaya agar bangsa ini kian maju.

c. Masyarakat Indonesia memiliki pedoman untuk membangun dirinya sesuai dengan cita-cita bangsa.

d. Pancasila mampu mempersatukan masyarakat dengan beragam perbedaan latar belakang.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bab 1 Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Seperti Apa Kedudukan Pancasila? Materi Bab 1 Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka