Cara Menangani Penjual Shopee Tidak Merespon Pengembalian Dana

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 25 November 2023 | 10:00 WIB
Cara menangani penjual Shopee tidak merespons pengembalian dana (Freepik)

Nakita.id - Bagaimana cara menangani penjual Shopee yang tidak merespons pengembalian dana? Yuk simak!

Pengembalian dana di Shopee adalah proses yang memungkinkan pembeli mendapatkan uang kembali.

Kondisi ini berlaku jika terjadi masalah dengan pembelian yang dilakukan di platform tersebut.

Pengembalian dana biasanya terkait dengan produk yang cacat, tidak sesuai dengan deskripsi, atau tidak sampai ke tangan pembeli

Namun ada kalanya keinginan pembeli untuk mengajukan pengembalian dana mengalami masalah.

Salah satunya karena penjual Shopee tidak merespons pengembalian dana.

Lantas, apa yang harus dilakukan?

Melansir dari Shopee Help, berikut ini adalah tips mengangani penjual Shopee yang tidak merespons pengembalian dana.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Jika Seller Tidak Merespons

Ketika pembeli Shopee mengajukan pengembalian dana, maka waktu proses yang dibutuhkan adalah 3 hari.

Penjual akan diberitahu mengenai pengajuan pengembalian dana tersebut.

Ada 4 hasil yang mungkin pembeli dapatkan:

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kredit Shopee PayLater Agar Bisa Puas Belanja

1. Penjual menerima

Jika permintaan pengembalian diterima, pembeli akan menerima instruksi pengembalian dana.

Instruksi ini dikirim melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email yang terdaftar.

Pemintaan akan disetujui secara otomatis oleh sistem Shopee.

Pengembalian dana akan diproses sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.

2. Penjual tidak merespons

Jika penjual tidak merespons dalam waktu 3 hari, maka permintaan pengembalian akan dikirimkan.

Pengajuan dana akan disetujui secara otomatis oleh sistem Shopee.

Pengembalian dana akan diproses sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.

3. Penjual usulkan nego

Penjual dapat mengusulkan pengembalian dana dalam jumlah yang disesuaikan.

Baca Juga: Langkah-langkah Cara Aktifkan Shopee PayLater untuk Penjual, Lengkap!

Ini bisa dilakukan atas kesepakatan kalau pembeli tidak perlu mengembalikan barang.

Penjual dan pembeli memiliki 3 hari kalender Shopee untuk merespons pilihan:

- menerima

- ubah solusi

- tolak dan ajukan ke Shopee

4. Penjual mengajukan banding

Jika ada perselisihan, Shopee akan turun tangan untuk menengahi situasi.

Shopee dapat meminta pembeli dan penjual untuk memberikan bukti lebih lanjut agar mencapai penyelesaian bagi kedua belah pihak.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai cara mengatasi masalah penjual tidak merepons pengembalian dana.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Syarat dan Cara Mengajukan Pembayaran dengan Shopee PayLater, Mudah Banget!