Sambut Momen Hari Ibu, Ini Peran yang Bisa Dilakukan Demi Ciptakan Keluarga Sehat Anak Berprestasi Selama 1000 HPK

By Shannon Leonette, Senin, 18 Desember 2023 | 16:30 WIB
Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Dalam menyambut momen spesial tersebut, berikut adalah peran-peran yang bisa dilakukan selama masa 1000 hari pertama kehidupan untuk menciptakan keluarga sehat anak berprestasi. (Nakita.id)

Nakita.id - Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Peringatan Hari Ibu sendiri merupakan momen pengingat bahwa perempuan memiliki peran dan kesempatan yang sama dengan laki-laki.

Tidak hanya itu, peran perempuan juga sangat penting untuk membangun keluarga sehat anak berprestasi.

Maka dari itulah, Hari Ibu bisa dibilang sebagai peringatan yang penting bagi seluruh perempuan di Indonesia, termasuk yang akan dan sudah menjadi orangtua.

Hal ini juga disampaikan dengan tegas oleh Maria Gita Belinda, M.Psi selaku psikolog klinis anak di Personal Growth.

"Kalau kita melihat sejarah dari diperingatinya Hari Ibu, itu sebenarnya sebagai peringatan akan perjuangan akan perjuangan kaum perempuan sejak dulu," ujar Gita dalam wawancara eksklusif bersama Nakita, Selasa (12/12/2023).

"Pada awal mulanya, Hari Ibu sendiri ditetapkan untuk memperingati bagaimana perjuangan kaum perempuan untuk membantu merebut kemerdekaan Indonesia.

Kalau sekarang, saya melihatnya lebih ke bagaimana para perempuan tersebut bisa mempertahankan ketahanan bangsa," terang Gita menambahkan.

Menurutnya, suatu bangsa tentunya akan tetap bertahan ketika ada sosok perempuan.

"Mereka (para perempuan) adalah sosok yang mengandung, melahirkan, kemudian mendidikn anak-anak yang kelak jadi penerus bangsa," tegasnya.

Itulah makna sebenarnya dibalik peringatan Hari Ibu di Indonesia ya, Moms.

Baca Juga: Penuh Syukur dan Cinta, Ini Kumpulan Kata Mutiara untuk Memperingati Hari Ibu 2023