Mengatasi Stunting Sesuai Anjuran Pemerintah untuk Meningkatkan Gizi dan Tumbuh Kembang Anak

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 6 Maret 2024 | 17:30 WIB
mengatasi stunting sesuai anjuran pemerintah (Nakita/Nita Febriani)

Nakita.id - Dalam mengatasi stunting, pemerintah memiliki peran penting dalam mengatasi stunting dengan memberikan anjuran dan kebijakan yang mendukung peningkatan gizi dan pertumbuhan anak.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini akan membahas beberapa anjuran pemerintah untuk mengatasi stunting.

1. Program Pemberian Makanan Tambahan:

Pemerintah mendorong program pemberian makanan tambahan, terutama pada anak-anak balita. Program ini melibatkan distribusi makanan tambahan yang kaya gizi seperti susu, sereal, dan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

2. Promosi ASI Eksklusif:

Anjuran pemerintah untuk mendukung ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan anak sangat penting. ASI mengandung nutrisi esensial yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal.

3. Penyuluhan Gizi dan Perawatan Kesehatan Masyarakat:

Pemerintah berfokus pada penyuluhan gizi kepada masyarakat, terutama kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Edukasi ini mencakup pentingnya makanan bergizi, asupan gizi selama kehamilan, dan cara memberikan nutrisi yang tepat kepada anak.

4. Program Suplementasi Gizi:

Pemberian suplemen gizi seperti vitamin dan zat besi merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk meningkatkan asupan nutrisi pada anak-anak, terutama yang berisiko mengalami kekurangan gizi.

5. Pemantauan Pertumbuhan Anak:

Baca Juga: Makanan Penangkal Stunting dan Memperbaiki Pertumbuhan Optimal Anak