Banyak yang Ketakutan Padahal Ada Segudang Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil 7 Bulan

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 7 April 2024 | 11:30 WIB
Manfaat puasa bagi ibu hamil 7 bulan (Freepik)

Nakita.id - Puasa adalah praktik spiritual yang penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Namun, bagi seorang ibu hamil, keputusan untuk berpuasa dapat menjadi perdebatan yang kompleks antara kewajiban agama dan kesehatan ibu dan bayi yang belum lahir.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan manfaat puasa bagi ibu hamil pada usia kehamilan 7 bulan, serta memberikan beberapa tips penting untuk memastikan bahwa puasa berjalan dengan aman dan nyaman.

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil 7 Bulan

1. Menjaga Kesehatan Metabolisme

Salah satu manfaat utama puasa bagi ibu hamil adalah bahwa itu dapat membantu dalam menjaga kesehatan metabolisme.

Dengan puasa, tubuh beradaptasi dengan pola makan yang lebih teratur dan dapat mengatur kadar gula darah dengan lebih baik.

Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan metabolisme yang tidak seimbang selama kehamilan.

2. Meningkatkan Kontrol Berat Badan

Puasa dapat menjadi cara efektif untuk mengendalikan penambahan berat badan selama kehamilan.

Dengan membatasi waktu makan, ibu hamil cenderung lebih sadar akan pola makan mereka dan mungkin lebih mungkin untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi.

Ini dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan penambahan berat badan berlebih selama kehamilan.

3. Memperbaiki Sensitivitas Insulin

Puasa juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada ibu hamil, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.

Sensitivitas insulin yang baik adalah kunci dalam mengatur kadar gula darah dan menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Baca Juga: Tak Kalah Nikmat dari Es Buah, Ini 6 Menu Takjil yang Sehat untuk Ibu Hamil Saat Buka Puasa