7 Tips Puasa Meski Sedang Radang Agar Keluarga Sehat Anak Berprestasi

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 30 Maret 2024 | 17:30 WIB
7 tips puasa meski sedang radang (Nakita.id/Alvioni)

Nakita.id - Bagi sebagian orang yang menderita kondisi radang, menjalankan ibadah puasa dapat menjadi tantangan tersendiri.

Namun, dengan beberapa tips dan strategi yang tepat, puasa tetap dapat dilakukan dengan nyaman dan aman meskipun sedang mengalami radang, sehingga Keluarga Sehat Anak Berprestasi.

Dalam artikel ini, melansir dari WebMd, berikut beberapa tips untuk menjalani puasa dengan baik meski sedang mengalami kondisi radang.

1. Berkonsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang kemungkinan menjalani puasa saat sedang mengalami radang. Mereka dapat memberikan saran yang spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan membantu merencanakan strategi puasa yang aman.

2. Perhatikan Nutrisi

Meskipun sedang berpuasa, pastikan untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi yang cukup. Pilih makanan yang kaya akan antiinflamasi dan nutrisi penting seperti sayuran hijau, buah-buahan, protein nabati, dan lemak sehat.

Hindari makanan yang dapat memicu peradangan seperti makanan berlemak tinggi dan makanan olahan.

3. Jaga Hidrasi

Penting untuk tetap terhidrasi selama puasa, terutama bagi orang yang mengalami radang.

Pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka, dan hindari minuman yang mengandung kafein atau gula tambahan yang dapat memperburuk peradangan.

Baca Juga: Makanan Sahur untuk Ibu Menyusui, Supaya Kuat Puasa Seharian