Mengapa Anak Bisa Lahir Stunting Jika Ibunya Merokok Saat Hamil?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 9 April 2024 | 14:30 WIB
Penyebab stunting karena ibu hamil merokok (Freepik)

Nakita.id - Stunting, kondisi di mana pertumbuhan anak terhambat, adalah masalah kesehatan global yang memengaruhi jutaan anak di seluruh dunia.

Salah satu penyebab utama stunting adalah ibu hamil yang merokok. Merokok selama kehamilan dapat memiliki dampak yang serius pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mengutip dari Pregnancy, berikut adalah beberapa penyebab utama stunting yang disebabkan oleh kebiasaan merokok ibu hamil.

1. Pengurangan Asupan Nutrisi:

Merokok dapat mengurangi nafsu makan ibu hamil, sehingga mengakibatkan asupan nutrisi yang kurang untuk pertumbuhan janin.

Nutrisi penting seperti protein, zat besi, kalsium, dan asam folat sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan yang optimal. Merokok dapat mengganggu penyerapan nutrisi ini oleh tubuh.

2. Kurangnya Oksigen dan Nutrisi untuk Janin:

Rokok mengandung zat-zat beracun seperti nikotin dan karbon monoksida yang masuk ke aliran darah ibu hamil dan kemudian menyebar ke janin.

Nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah, mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke janin, yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat.

3. Kerusakan Plasenta:

Zat-zat beracun dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada plasenta, organ yang menyediakan nutrisi dan oksigen kepada janin.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Terlalu Banyak Gula Menyebabkan Anak Stunting?