Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan dan Cara Membuat Agar Berkhasiat

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Minggu, 26 Mei 2024 | 10:00 WIB
Manfaat bunga telang dan cara membuatnya (Freepik)

Nakita.id - Bunga telang, dengan kecantikan warna biru uniknya, sering digunakan dalam berbagai keperluan mulai dari estetika hingga pengobatan tradisional.

Namun, manfaatnya tidak hanya sebatas pada keindahannya; bunga telang juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Artikel ini akan menjelaskan manfaat kesehatan dari bunga telang serta beberapa cara untuk mengolahnya, mengutip dari berbagai sumber.

Manfaat Kesehatan Bunga Telang

1. Antioksidan Kuat

Bunga telang mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan anthocyanin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mencegah kerusakan sel, dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

2. Menurunkan Kolesterol

Kandungan flavonoidnya juga dikaitkan dengan kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Menstabilkan Gula Darah

Bunga telang dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh, membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau individu yang ingin mengontrol kadar gula darah mereka.

4. Efek Antiinflamasi

Ekstrak bunga telang telah terbukti memiliki efek antiinflamasi, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada tubuh dan meredakan gejala penyakit seperti arthritis.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Bunga Telang yang Diminum Secara Rutin Bisa Bikin Tubuh Tetap Sehat, Suplemen Mahal Bisa Kalah Jauh!