7 Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula, Wajib Diperhatikan Agar Keluarga Sehat Anak Berprestasi

By Ratnaningtyas Winahyu, Selasa, 28 Mei 2024 | 19:30 WIB
Dampak pemberian ASI diselingi susu formula perlu diperhatikan agar keluarga sehat anak berprestasi (Freepik.com/rawpixel.com)

Nakita.id – Untuk mewujudkan keluarga sehat anak berprestasi, caranya bisa dimulai dari memastikan pemberian ASI dilakukan dengan tepat.

Meski ASI merupakan cara terbaik untuk memberikan nutrisi optimal bagi bayi, namun dalam beberapa situasi, pemberian susu formula sebagai tambahan bisa menjadi pilihan bagi beberapa ibu.

Ya, kombinasi antara ASI dan susu formula memang sering kali dilakukan dengan berbagai alasan seperti kurangnya produksi ASI, kondisi medis tertentu, atau pilihan pribadi.

Kendati demikian, penting untuk Moms memahami dampak dari pemberian ASI yang diselingi dengan susu formula, tidak hanya bagi bayi, namun juga untuk sang ibu.

Lantas, apa saja dampaknya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Dampak pemberian ASI diselingi susu formula

Melansir dari berbagai sumber, inilah macam-macam dampak pemberian ASI diselingi dengan susu formula yang perlu diwaspadai.

Dampak pada bayi

1. Nutrisi yang berimbang

ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi, termasuk antibodi yang membantu melindungi bayi dari infeksi.

Susu formula, meskipun tidak dapat meniru sepenuhnya komposisi ASI, diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar bayi.

Dengan memberikan kombinasi keduanya, bayi dapat memperoleh manfaat dari keduanya, asalkan susu formula yang dipilih adalah yang berkualitas tinggi.

2. Keseimbangan mikrobiota usus

ASI mengandung prebiotik yang penting untuk perkembangan mikrobiota usus yang sehat.

Pemberian susu formula dapat mempengaruhi keseimbangan ini.

Baca Juga: Keluarga Sehat Anak Berprestasi, Ini 10 Kesalahan Saat MPASI yang Bisa Sebabkan Si Kecil Stunting