Bagaimana dengan Sekolah di Ibu Kota Nusantara (IKN)? Akan Dimulai dengan 8 Sekolah Pilot Project

By David Togatorop, Senin, 3 Juni 2024 | 07:04 WIB
Ibu Kota Nusantara (IKN) diharapkan bisa menyediakan pendidikan unggul. (Otorita IKN)

Nakita.id - Ibu Kota Nusantara (IKN) diharapkan dapat menjadi kota yang tidak hanya maju secara infrastruktur, tetapi juga unggul dalam bidang pendidikan.

Otorita Ibu Kota Nusantara telah memilih delapan sekolah model sebagai percontohan penerapan Peta Jalan Pendidikan di IKN.

Sekolah-sekolah ini mencakup jenjang pendidikan dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Langkah ini bertujuan untuk mengawali implementasi Peta Jalan Pendidikan yang akan diterapkan di seluruh sekolah di wilayah IKN.

Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin, melalui Direktur Pelayanan Dasar, Suwito, mengungkapkan hal ini saat membuka Rapat Koordinasi Peta Jalan Pendidikan IKN bagi Sekolah Model Implementasi Pendidikan di IKN pada Minggu, 2 Juni 2024.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Nusantara.

“Ada delapan sekolah yang kami jadikan sebagai model penerapan Peta Jalan Pendidikan yang kelak dijadikan sebagai pola belajar dan mengajar di seluruh sekolah di wilayah destinasi IKN,” ujar Suwito saat membuka kegiatan.

Tujuan dan Harapan Peta Jalan Pendidikan IKN

Implementasi Peta Jalan Pendidikan di delapan sekolah model ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang efektif untuk penerapan di seluruh sekolah di wilayah IKN.

Suwito menjelaskan bahwa Peta Jalan Pendidikan ini telah difinalkan dan kini menunggu pengesahan.

Diharapkan, peta jalan ini dapat menjadi panduan untuk pembangunan pendidikan di IKN. Sebelum diimplementasikan ke 360 sekolah di IKN, terlebih dahulu dilakukan pilot project di delapan sekolah model.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Saat Anak Mulai Sekolah Agar Pendidikannya Terjamin